Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
7.063 views

Walikota Derna Libya Sebut Korban Tewas Dalam Banjir Bandang Bisa Capai 20.000 Orang

DERNA, LIBYA (voa-islam.com) - Perkiraan jumlah kematian di kota Derna di Libya setelah bencana banjir bisa mencapai 20.000 orang, berdasarkan jumlah distrik yang tersapu banjir, kata Wali Kota Derna kepada TV Al-Arabiya pada hari Rabu (13/9/2023).

“Jumlah [kematian] terus meningkat… bisa mencapai 18.000 atau 20.000,” kata Abdulmenam Al-Ghaithi.

Dia mengatakan perkiraan ini didasarkan pada skala kerusakan di wilayah timur, khususnya ketika seluruh lingkungan di Derna tersapu.

Mendukung angka-angka tersebut, direktur pusat medis di kota timur Al-Bayda, Abdul Rahim Mazeq, menyebutkan jumlah korban tewas akibat banjir mencapai 20.000 orang, menurut komentar yang dibuat di surat kabar Asharq al-Awsat.

Ia mengatakan, rumah sakit sudah tidak mampu lagi menampung jenazah para korban.

Juru bicara Tentara Nasional Libya (LNA), yang menguasai Libya timur, Ahmed Al-Mismari, mengatakan kepada surat kabar tersebut pada hari Rabu bahwa jumlah korban tewas telah melebihi 7.000 – naik dari angka yang dia berikan kepada media lokal pada hari sebelumnya.

Laporan menunjukkan bahwa seperempat kota Derna – yang berpenduduk sekitar 100.000 jiwa – telah musnah akibat banjir.

Seorang pejabat Organisasi Kesehatan Dunia PBB di Libya mengatakan jumlah korban jiwa bisa mencapai 7.000 orang, mengingat jumlah orang yang masih hilang.

“Jumlah tersebut dapat mengejutkan dan mengagetkan kita semua,” kata pejabat tersebut, yang tidak berwenang memberi penjelasan kepada media dan berbicara tanpa mau disebutkan namanya, kepada AP.

Badai tersebut juga menewaskan sekitar 170 orang di wilayah lain di Libya timur, termasuk kota Bayda, Susa, Um Razaz dan Marj, kata menteri kesehatan.

Korban tewas di Libya timur termasuk sedikitnya 84 warga Mesir, yang dipindahkan ke negara asal mereka pada hari Rabu. Lebih dari 70 orang berasal dari satu desa di provinsi selatan Beni Suef. Media Libya juga mengatakan puluhan migran Sudan tewas dalam bencana tersebut.

Banjir juga telah menyebabkan sedikitnya 30.000 orang di Derna mengungsi, menurut Organisasi Migrasi Internasional PBB, dan beberapa ribu orang di wilayah lain Libya timur juga terpaksa meninggalkan rumah mereka, kata badan PBB tersebut.

Banjir merusak atau menghancurkan banyak akses jalan menuju Derna, sehingga menghambat kedatangan tim penyelamat internasional dan bantuan kemanusiaan.

Upaya penyelamatan

Tim penyelamat telah tiba dari Mesir, Tunisia, Uni Emirat Arab, Turki dan Qatar, kata Walikota Derna al-Ghaithi.

“Kami sebenarnya membutuhkan tim yang khusus menangani pemulihan jenazah,” katanya. “Saya khawatir kota ini akan terjangkit epidemi karena banyaknya mayat yang tertimbun reruntuhan dan di dalam air.”

Charles Stratford dari Al Jazeera, melaporkan dari Benghazi, mengatakan bahwa rumah sakit lapangan adalah bagian dari kontribusi Qatar terhadap “upaya bantuan internasional yang tampaknya semakin meningkat ke Libya”.

“Ini adalah salah satu dari tiga pesawat kargo… militer Qatar yang diperkirakan tiba di Benghazi hari ini,” kata Stratford.

Bantuan tersebut juga mencakup “peralatan medis, obat-obatan, makanan, tenda”, kata Stratford. “Semua bantuan di sini akan disalurkan ke Derna secepat mungkin.”

Operasi penyelamatan menjadi rumit karena perpecahan politik yang mendalam di negara berpenduduk tujuh juta orang yang tidak memiliki pemerintahan pusat yang kuat dan terus berperang sejak pemberontakan yang didukung NATO yang menggulingkan Muammar Khadafi pada tahun 2011.

Pemerintah Persatuan Nasional (GNU) yang diakui secara internasional berbasis di Tripoli, di barat, sementara pemerintahan paralel beroperasi di timur, termasuk Derna.

Kritik terhadap otoritas lokal di Libya timur, termasuk di Derna, muncul dengan beberapa pihak mengatakan bahwa penduduk setempat tidak diberitahu bahwa mereka harus mengungsi sebelum aliran air mengalir melalui kota tersebut. (TNA,Aje)

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

World News lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Ustadzah Salma Khoirunnisa, salah satu pengajar di Pesantren Tahfizul Quran Darul Arqom Sukoharjo mengalami kecelakaan. Kondisinya masih belum sadar, dan sempat koma selama 5 hari karena diperkirakan...

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Diawali dengan berniat karena Allah, berperan aktif menebarkan amal sholeh dan turut serta membantu pemerintah memberikan kemudahan kepada umat mendapatkan pelayanan kesehatan, maka Ulurtangan...

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Rafli Bayu Aryanto (11) anak yatim asal Weru, Sukoharjo ini membutuhkan biaya masuk sekolah tingkat SMP (Sekolah Menengah Pertama). Namun kondisi ibu Wiyati (44) yang cacat kaki tak mampu untuk...

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Alhamdulillah, pada Sabtu, (18/11/2023), Yayasan Ulurtangan.com dengan penuh rasa syukur berhasil melaksanakan program Sedekah Barangku sebagai wujud nyata kepedulian terhadap sesama umat Islam....

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Sungguh miris kondisi Arga Muhammad Akbar (2) anak kedua pasangan Misran dan Sudarti ini, sudah sebulan ini perutnya terus membesar bagai balon yang mau meletus. Keluarganya butuh biaya berobat...

Latest News

MUI

Sedekah Al Quran

Sedekah Air untuk Pondok Pesantren

Must Read!
X