Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
13.927 views

Imperium Bisnis Ayatullah Khamenei dan Pengaruhnya Terhadap Syiah

Teheran (voa-islam.com) Pemimpin tertinggi Iran Ayatollah Ali Khamenei mengendalikan kerajaan (imperium) bisnis bernilai sekitar $ 95 miliar dollar, kekayaan yang  jumlahnya melebihi nilai ekspor minyak  Iran, setiap tahunnya,  ungkap hasil investigasi  Reuters.

Sangat sedikit diketahui organisasi yang disebut ‘ SETAD’, merupakan salah satu faktor kunci yang menjadi penopang  pemimpin Iran itu abadi. Sekarang Ayatullah Ali Khamenei memegang saham di hampir setiap sektor industri Iran, termasuk keuangan, minyak, telekomunikasi, produksi pil KB dan bahkan peternakan burung unta .

‘SETAD’ telah membangun kerajaan bisnis, dan menguasi  ribuan properti milik kelompok sejumlah orang Syiah, dan  para pembinis Iran yang tinggal di luar negeri.

Reuters melakukan penyelidikan  yang rinci dalam serangkaian bukti-bukti, dan diterbitkan dalam tiga  dokumen,  bagaimana SETAD telah mengumpulkan portofolio raksasa real estate dengan mengklaim di pengadilan Iran, kadang-kadang palsu dengan menggunakan otoritas agama.

SETAD sebuah organisasi yang sangat buruk. Kini Ali Khamenei dengan kekuasaannya memegang monopoli pengadilan memerintahkan untuk mengambil properti  atas nama pemimpin tertinggi , dan secara teratur menjual properti yang disita, kemudian di lelang atau berusaha untuk memaksa  pembayaran dari pemilik asli .

Reuters wartawan mengidentifikasi hampir 300 properti yang SETAD yang akan dilelang Mei  lalu, dan bernilai jutaan dolar.

Nama lengkap organisasi dalam bahasa Persia adalah “SETAD Ejraiye Farmane Hazrate Emam” - Markas untuk Pelaksana Orde Imam.

Nama ini mengacu pada sebuah dekrit yang ditandatangani oleh pemimpin pertama Republik Islam, Ayatollah Ruhollah Khomeini, tak lama sebelum kematiannya pada tahun 1989. Perintahnya melahirkan entitas ditujukan mengelola dan menjual properti terbengkalai pada tahun-tahun kacau setelah Revolusi Islam 1979 .

Menurut salah satu pendiri perusahaan SETAD diciptakan membantu orang miskin dan veteran perang dan dimaksudkan  eksis selama dua tahun .

Hampir seperempat abad SETAD telah berubah menjadi raksasa bisnis dibidang real estate, saham perusahaan dan aset lainnya menjadi milik Ayatullah Ali Khamenei. Sementara SETAD mengontrol sebuah yayasan amal, tidak jelas berapa banyak uang amal itu.

Di bawah Khamenei, organisasi SETAD telah memperluas kepemilikan perusahaan, membeli saham di puluhan perusahaan Iran, baik swasta dan publik, dengan tujuan yang menciptakan konglomerat Iran untuk mendorong pertumbuhan ekonomi negara itu.

Pemimpin tertinggi Iran Ayatullah Khamenei  mengeluarkan perintah kepada hakim dan parlemen selama bertahun-tahun, dan  mengeluarkan serangkaian dekrit kepada birokrasi, membuat interpretasi konstitusi dan putusan pengadilan memperkuat SETAD, dan tidak ada organisasi pengawas dapat mempertanyakan kekayaan properti itu",  kata Naghi Mahmoudi, seorang pengacara Iran yang meninggalkan Iran tahun 2010, dan sekarang tinggal di Jerman.

JaringanImperium Bisnis Raksasa

Pada bulan Juni, Departemen Keuangan AS memberlakukan sanksi terhadap SETAD dan beberapa kepemilikan perusahaan, menyebut organisasi,  "Jaringan besar perusahaan dan menyembunyikan aset atas nama ... Kepemimpinan Iran".

Kantor Presiden Iran dan kementerian luar negeri tidak menanggapi  atas permintaan komentar tentang kasus ini. Kedutaan Iran di Uni Emirat Arab mengatakan temuan Reuters, bahwa " tidak ada memiliki dasar apapun”, ungkapnya.

Direktur general public relations SETAD, Hamid Vaezi, mengatakan melalui email dalam menanggapi penjelasan rinci dari seri ini bahwa informasi yang disajikan adalah "jauh dari realitas dan tidak benar ", tegasnya..

Total nilai SETAD adalah sulit untuk menentukan karena kerahasiaan account nya. Reuters memperkirakan sekitar $ 95 miliar dollar, terdiri $ 52 miliar pada real estat, dan $ 43 miliar kepemilikan perusahaan.

Estimasi ini didasarkan pada analisis laporan oleh pejabat SETAD, data dari Bursa Efek Teheran dan website perusahaan , dan informasi dari Departemen Keuangan AS. Jumlah tersebut sekitar 40 persen lebih besar dari total ekspor minyak Iran tahun lalu, yang mencapai $ 67.4, miliar dollar menurut Dana Moneter Internasional .

Melalui SETAD, Khamenei memiliki sumber keuangan yang  nilainya saingan kepemilikan Syah, Raja yang didukung Barat yang digulingkan pada tahun 1979.

Sebagai ulama Iran, Khamenei memiliki kepurusan dan kebijakan yang sifatnya final terhadap pada semua hal  dalam dpemerintahan Iran. Ditangan Khamenei  termasuk program nuklir negara-nya, yang merupakan subjek dari negosiasi yang intens antara diplomat Iran dan internasional di Jenewa yang berakhir Minggu ini.

Khamenei yang akan mengatur program nuklir Iran dalam pembicaraan nuklir oleh presiden baru, Hassan Rouhani, dan ingin memperbaiki hubungan dengan Washington .

Penyelidikan menunjukkan bahwa SETAD memiliki kekuasaan politik dan kekuatan militer, tetapi ada dimensi kekuasaan ketiga, Khamenei, yaitu “Kekuatan ekonomi”.

Aliran pendapatan yang dihasilkan oleh SETAD  menjelaskan mengapa ia tidak hanya bertahan  selama 24 tahun, tetapi juga dalam beberapa hal memiliki kontrol lebih dari pendahulunya bahkan dihormati me.

SETAD memberinya sarana keuangan melakukan roperasi secara independen dari parlemen dan anggaran nasional, atau campur tangan dari kekuatan politik lainnya di Iran.

Ini termasuk membantu gerakan Syiah di seluruh jagad. Di mana setiap kekuatan Syiah melalui koordinasi Kedutaan Iran di seluruh dunia, mengembangkan agama sesat "Syiah", dan termasuk  membiayai operasi militer Hisbullah di Lebanon dan Suriah, serta pembelian senjata yang digunakna berperang mendukung Bashar al-Assad. Sungguh sangat luar biasa Imperium Bisnis Ayatullah Khamenei. af/hhh 

 

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

Analysis lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Jumat Barokah: Mari Berbagi Wakaf Qur’an & Tebar Hidangan kepada Santri Pelosok Garut

Jumat Barokah: Mari Berbagi Wakaf Qur’an & Tebar Hidangan kepada Santri Pelosok Garut

Insya Allah besok Jum’at IDC berbagi Sedekah Jum’at dan Wakaf Mushaf Al-Qur'an kepada para Santri TPQ Masjid Al-Iman Garut. Mari berburu keberkahan sedekah Jumat dan wakaf Al-Qur'an....

Pembangunan Mushalla Kampung Peundeuy Banten Terhenti, Ayo Sedekah  Jariyah.!!!

Pembangunan Mushalla Kampung Peundeuy Banten Terhenti, Ayo Sedekah Jariyah.!!!

Pembangunan Mushalla Nurul Hikmah di Tangerang Banten ini terhenti karena terkendala biaya. Diperlukan biaya 30 juta rupiah untuk merampungkan agar ibadah dan syiar Islam makin semarak....

Hijrah dari Gubuk Rombeng, Ayo Bangun Rumah Dakwah Ustadz Karita

Hijrah dari Gubuk Rombeng, Ayo Bangun Rumah Dakwah Ustadz Karita

Ustadz Karita dan Ustadzah Nurjanah totalitas berdakwah memajukan pendidikan agama di Leuwigede Indramayu. Karena keterbatasan ekonomi, mereka tinggal di gubuk dari karung bekas. Ayo Bantu..!!!...

Ayo Wakaf Tempat Wudhu ke Masjid Al-Iman Talegong, Alirkan Pahala Abadi.!!

Ayo Wakaf Tempat Wudhu ke Masjid Al-Iman Talegong, Alirkan Pahala Abadi.!!

Masjid ini menjadi pusat kegiatan dakwah, ibadah dan pengajian warga Kampung Warung Gantung Talegong Garut, Jawa Barat. Namun sampai saat ini belum memiliki tempat wudhu. Ayo Wakaf..!!!...

Berburu Keutamaan Jum’at dan Yatim, Mari Berbagi Hidangan dan Santunan kepada Santri Yatim Penghafal Al-Qur'an

Berburu Keutamaan Jum’at dan Yatim, Mari Berbagi Hidangan dan Santunan kepada Santri Yatim Penghafal Al-Qur'an

Menggabung keutamaan Jum’at dan Cinta Yatim, IDC akan berbagi ke Pesantren Tahfizhul Qur’an Darul Hijrah Cikarang. ...

Latest News
Asosiasi Muslim Kanada Luncurkan Situs Web Baru Untuk Perangi Islamofobia

Asosiasi Muslim Kanada Luncurkan Situs Web Baru Untuk Perangi Islamofobia

Jum'at, 03 Dec 2021 21:15

Ilmuan Temukan Area Pertempuran Mohacs Di Hungaria

Ilmuan Temukan Area Pertempuran Mohacs Di Hungaria

Jum'at, 03 Dec 2021 20:45

Menko Polhukam Dijadwalkan Menjadi Narasumber di Muktamar IV Wahdah Islamiyah

Menko Polhukam Dijadwalkan Menjadi Narasumber di Muktamar IV Wahdah Islamiyah

Jum'at, 03 Dec 2021 16:24

Rusia Peringatkan 'Skenario Mimpi Buruk' Dari Konfrontasi Militer Di Eropa

Rusia Peringatkan 'Skenario Mimpi Buruk' Dari Konfrontasi Militer Di Eropa

Jum'at, 03 Dec 2021 16:15

Pengadilan Akhirnya Izinkan Saif Al-Islam Khadafi Ikut Pencalonan Dalam Pilpres Libya

Pengadilan Akhirnya Izinkan Saif Al-Islam Khadafi Ikut Pencalonan Dalam Pilpres Libya

Jum'at, 03 Dec 2021 15:15

Miras di Indonesia dan Cara Islam Memberantasnya

Miras di Indonesia dan Cara Islam Memberantasnya

Jum'at, 03 Dec 2021 14:53

Iman, Tak Kasat Mata Tapi Terasa Ada

Iman, Tak Kasat Mata Tapi Terasa Ada

Jum'at, 03 Dec 2021 14:42

Politisi PKS: Tak Impor Beras tahun 2021, Presiden Jokowi Kembali Lakukan Kebohongan Publik

Politisi PKS: Tak Impor Beras tahun 2021, Presiden Jokowi Kembali Lakukan Kebohongan Publik

Jum'at, 03 Dec 2021 09:16

Warga Jakarta Berlimpah Subsidi

Warga Jakarta Berlimpah Subsidi

Jum'at, 03 Dec 2021 08:54

Membangun Visi Pendidikan yang Benar

Membangun Visi Pendidikan yang Benar

Jum'at, 03 Dec 2021 08:39

Tak Sekadar Lolos ke Senayan, Partai Gelora Targetkan Menang Pemilu 2024

Tak Sekadar Lolos ke Senayan, Partai Gelora Targetkan Menang Pemilu 2024

Jum'at, 03 Dec 2021 08:22

Menilik Makna Ahlul Sunah Wal Jamaah Anti Radikalisme

Menilik Makna Ahlul Sunah Wal Jamaah Anti Radikalisme

Kamis, 02 Dec 2021 15:21

Pornografi Menghantui Generasi, Sampai Kapan?

Pornografi Menghantui Generasi, Sampai Kapan?

Kamis, 02 Dec 2021 15:03

Jurnalis Sebut Media Lakukan Bias dalam Pemberitaan Penjajahan Israel di Palestina

Jurnalis Sebut Media Lakukan Bias dalam Pemberitaan Penjajahan Israel di Palestina

Kamis, 02 Dec 2021 12:24

Pasukan Iran Terlibat Pertempuran Sengit Dengan Taliban Di Perbatasan

Pasukan Iran Terlibat Pertempuran Sengit Dengan Taliban Di Perbatasan

Kamis, 02 Dec 2021 12:15

Taliban Dan Junta Militer Myanmar Tidak Diizinkan Di PBB Untuk Saat Ini

Taliban Dan Junta Militer Myanmar Tidak Diizinkan Di PBB Untuk Saat Ini

Kamis, 02 Dec 2021 10:27

MUI Teken MoU Pembangunan RSIH dengan Wali Kota Hebron

MUI Teken MoU Pembangunan RSIH dengan Wali Kota Hebron

Kamis, 02 Dec 2021 02:14

Sederet Manfaat Olahraga Bagi Lansia

Sederet Manfaat Olahraga Bagi Lansia

Rabu, 01 Dec 2021 23:07

Harga Minyak Goreng Kian Melambung, Politisi PKS: Rakyat Berkabung

Harga Minyak Goreng Kian Melambung, Politisi PKS: Rakyat Berkabung

Rabu, 01 Dec 2021 22:27

Dukung Anies, Elektabilitas Nasdem Naik

Dukung Anies, Elektabilitas Nasdem Naik

Rabu, 01 Dec 2021 19:26


MUI

Must Read!
X

Selasa, 30/11/2021 19:20

Ngapain Si Romo Ikut Campur?