Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
7.608 views

Mullah Fazlullah Pemimpin Taliban Pakistan Baru

Peshawar (voa-islam.com) Tehreek - e - Taliban Pakistan ( TTP ) memilih Maulana Fazlullah sebagai pemimpin baru, menggantikan Hakimullah Mesud yang gugur akibat serangan pesawat tak berawak (drone) Amerika Serikat di Waziristan Utara.

Juru bicara itu mengatakan kepada kantor berita Reuters bahwa pengangkatannya berarti bahwa perundingan perdamaian dengan pemerintah Pakistan kini dari meja .
Fazlullah memimpin brutal aturan Taliban dua tahun di Pakistan barat laut lembah Swat 2007-2009 , sebelum operasi militer merebut kembali daerah tersebut.
Ia mengambil alih kepemimpinan Pakistan Tehreek - e - Taliban ( TTP ) Hakimullah Mehsud setelah tewas dalam serangan pesawat tak berawak AS Jumat lalu .
Juru bicara TTP Shahidullah Shahid menegaskan janji untuk Al Jazeera , menambahkan bahwa Khalid Haqqani telah ditunjuk wakil Fazlullah itu .
" Saya mengucapkan selamat kepada semua saudara muslim bahwa Maulana Fazlullah telah terpilih sebagai kepala baru dari Tehreek - e - Taliban Pakistan , " Asmatullah Shaheen , kepala TTP interim , mengatakan, menurut kantor berita AFP .
Tembakan di Miranshah
Ada tembakan berat dalam perayaan di Miranshah , kota utama di daerah suku Waziristan Utara .
Pembunuhan Mehsud pada hari Jumat datang sebagai wakil pemerintah siap untuk memenuhi TTP dengan maksud untuk membuka pembicaraan damai .
Serangan pesawat tak berawak memicu respon marah dari Islamabad , dengan Menteri Dalam Negeri Chaudhry Nisar menuduh Amerika Serikat melakukan sabotase upaya perdamaian .
Selama pemerintahan Fazlullah di Swat , Taliban diberlakukan interpretasi ketat hukum Islam , pemenggalan publik dan didera zhalim dan membakar sekolah .
kampanye berdarah
Fazlullah pertama kali datang ke menonjol karena link kepada Tehreek - e - Nifaz Shariat - e - Muhammadi ( TNSM ) , sebuah kelompok lokal yang dipimpin oleh ayah mertuanya yang telah mengagitasi untuk penerapan hukum Syariah di Lembah Swat .
Dia memperoleh publisitas untuk menjalankan sebuah stasiun radio anti - pemerintah , yang datang dikenal sebagai Mullah Radio di lembah dan seterusnya .
Setelah kampanye yang semakin berdarah untuk menguasai lembah , pemerintah Pakistan akhirnya menyerahkan kontrol dari Lembah Swat dan memungkinkan penerapan hukum Syariah melalui kesepakatan tahun 2009 .
Perjanjian itu juga segera rusak , namun, ketika Taliban berusaha untuk memperluas wilayah di bawah kendali mereka , dan Fazlullah digulingkan setelah kampanye militer kekerasan yang menewaskan ratusan dan jutaan pengungsi .
Sejak itu , Fazlullah itu TTP telah beroperasi dari luar Lembah Swat , melakukan serangkaian serangan yang ditargetkan terhadap orang-orang yang menentang mereka , termasuk pemimpin komite perdamaian dan aktivis hak asasi .
Kelompoknya juga bertanggung jawab atas percobaan pembunuhan aktivis sekolahan Malala Yousafzai pada tahun 2012 .
Pemerintah Pakistan setempat mengatakan bahwa Fazlullah telah beroperasi selama lebih dari satu tahun terakhir dari provinsi Kunar, Afghanistan, di sepanjang perbatasan dengan Pakistan . Tehreek-e-Taliban Pakistan ( TTP ) memilih Maulana Fazlullah sebagai pemimpin baru, menggantikan Hakimullah Mesud yang gugur akibat serangan pesawat tak berawak (drone) Amerika Serikat di Waziristan Utara.

Juru bicara TTP itu mengatakan kepada kantor berita Reuters bahwa pengangkatan Fazullah berarti bahwa perundingan perdamaian dengan pemerintah Pakistan menjadi bubar.

Fazlullah pemimpin Taliban Pakistan di Lembah Swat 2007-2009, sebelum pemerintah Pakistan merebut kembali melalui operasi militer yang banyak menelan korban. Ia mengambil alih kepemimpinan Tehreek-e-Taliban Pakistan (TTP ) Hakimullah Mehsud setelah gugur dalam serangan pesawat tak berawak  AS Jumat lalu .

Juru bicara TTP Shahidullah Shahid menegaskan kepada kantor berita Al Jazeera, dan menambahkan bahwa Khalid Haqqani  ditunjuk wakil Fazlullah itu.

"Saya mengucapkan selamat kepada semua saudara muslim bahwa Maulana Fazlullah telah terpilih sebagai pemimpin baru dari Tehreek - e - Taliban Pakistan", ucap Asmatullah Shaheen, pemimpin TTP interim, kepada kantor berita AFP.

Di Miranshah, kota utama di daerah suku Waziristan Utara, berlangsung perayaan yang meriah, sebagai bentuk syukur atas terpilihnya pemimpin baru TTP. Pembunuhan terhadap Mehsud pada hari Jumat saat akan melangsungkan pertemuan dengan wakil pemerintah membuka pembicaraan damai .

Serangan pesawat tak berawak membuat marah dari Islamabad, di mana Menteri Dalam Negeri Chaudhry Nisar menuduh Amerika Serikat melakukan sabotase upaya perdamaian .

Selama pemerintahan Fazlullah di Swat, Taliban memberlakukan Syariah Islam, pemenggalan terhadap para pelaku perbuatan dosa besar dan mereka yang berbuat zhalim. 

Fazlullah pertama kali  menonjol karena memiliki hubungan dengan Tehreek-e- Nifaz Shariat-e-Muhammadi ( TNSM ) , sebuah kelompok  yang dipimpin oleh ayah mertuanya yang  menerapkan  Syariah Islam di Lembah Swat .

Setelah kampanye yang semakin keras di lembah, pemerintah Pakistan akhirnya menyerahkan kontrol dari Lembah Swat dan memungkinkan penerapan hukum Syariah melalui kesepakatan tahun 2009.

Perjanjian itu rusak , ketika Taliban berusaha  memperluas wilayah di bawah kendali mereka, dan Fazlullah digulingkan setelah kampanye militer yang menewaskan ratusan dan mengakibatkan jutaan pengungsi .

Sejak itu , Fazlullah dan TTP  beroperasi dari luar Lembah Swat, melakukan serangkaian serangan yang menargetkan terhadap orang-orang yang menentang mereka, termasuk pemimpin komite perdamaian dan aktivis hak asasi .

Kelompoknya juga bertanggung jawab atas percobaan pembunuhan terhadap aktivis pendidikan Barat Malala Yousafzai pada tahun 2012.

Pemerintah Pakistan  mengatakan bahwa Fazlullah  beroperasi selama lebih dari satu tahun terakhir dari provinsi Kunar, Afghanistan, di sepanjang perbatasan dengan Pakistan. Taliban tidak berhenti dengan kematian tokohnya  af/hh

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

Analysis lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Ustadzah Salma Khoirunnisa, salah satu pengajar di Pesantren Tahfizul Quran Darul Arqom Sukoharjo mengalami kecelakaan. Kondisinya masih belum sadar, dan sempat koma selama 5 hari karena diperkirakan...

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Diawali dengan berniat karena Allah, berperan aktif menebarkan amal sholeh dan turut serta membantu pemerintah memberikan kemudahan kepada umat mendapatkan pelayanan kesehatan, maka Ulurtangan...

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Rafli Bayu Aryanto (11) anak yatim asal Weru, Sukoharjo ini membutuhkan biaya masuk sekolah tingkat SMP (Sekolah Menengah Pertama). Namun kondisi ibu Wiyati (44) yang cacat kaki tak mampu untuk...

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Alhamdulillah, pada Sabtu, (18/11/2023), Yayasan Ulurtangan.com dengan penuh rasa syukur berhasil melaksanakan program Sedekah Barangku sebagai wujud nyata kepedulian terhadap sesama umat Islam....

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Sungguh miris kondisi Arga Muhammad Akbar (2) anak kedua pasangan Misran dan Sudarti ini, sudah sebulan ini perutnya terus membesar bagai balon yang mau meletus. Keluarganya butuh biaya berobat...

Latest News

MUI

Sedekah Al Quran

Sedekah Air untuk Pondok Pesantren

Must Read!
X