Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
4.080 views

Operasi Penyelematan

Oleh: M Rizal Fadillah

Dengan batal penyampaian visi dan misi dilanjutkan daftar pertanyaan yang "dibocorkan" pada kandidat, maka ini sinyal salah satu pasangan ada yang gelisah.

Sebagai analisa luar tentu tak menjamin kebenaran kondisi dalam, mungkin saja bukan gelisah tapi tidur. Namanya juga analisa, dibuat berdasarkan sinyal sinyal tadi. Ya sah sah saja.

Pasangan Prabowo Sandi tidak ada mengajukan opsi apapun bagi penyampaian visi dan misi kandidat. Siap menyampaikan sendiri. Demikian juga kesiapan untuk berdebat dengan pertanyaan rahasia dan dadakan. Keduanya baik Capres maupun Cawapres nampak oke oke saja. Dari profil keduanya, soal penyampaian visi misi maupun menjawab pertanyaan hal yang biasa, tak ada masalah. Hal ini bisa dilihat dari rekam jejak.

Sebaliknya KPU nampaknya "sangat memperhatikan" ketidaksiapan pasangan Jokowi Ma'ruf. Khawatir "babak belur" terjadi di arena, maka mesti diambil langkah yang menyelamatkan. Akhirnya kebijakan pun dikeluarkan. KPU menuai kritik. Pasangan Jokowi Ma'ruf bernafas agak lega. Tapi hal itu sementara juga.

Di samping debat mesti terjadi, maka operasi "penyelamatan" ini secara tak langsung merugikan pasangan Jokowi Ma'ruf. Tembakan sekarang justru mengarah padanya. Ini yang juga turut menggelisahkan.

Jokowi bukan figur yang bagus dalam menjawab pertanyaan wartawan. Gagap kelihatannya. Sementara itu tandemnya, Kyai Ma'ruf belum menjamin lincah menjelaskan. Berbeda dulu sewaktu Jusuf Kala yang cukup menguasai tata kelola negara. Persoalan keagamaan mungkin sang Kyai mampu. Itu asal bukan hanya berorientasi pada "Islam Nusantara" sebab akan dianggap pandangannya sektarian.

Jadi wajar jika agak gelisah menghadapi sesi debat yang lima kali diagendakan. Agak tertolong oleh pertanyaan yang sudah diketahui dan akan disiapkan jawaban Tim. Namun itu pun bukan berarti clear. Pertama menghafal jawaban itu tak mudah, kedua dokumen "kunci jawaban" harus tersimpan apik. Jika terlalu mencolok maka akan jadi bahan tertawaan publik. Apalagi sampai jatuh berceceran.

Operasi "penyelamatan" yang sejauh ini lancar dan sukses membuat kegelisahan baru. Masyarakat akan lebih mencermati efek "penyelamatan" tersebut. Salah sikap, salah jawab, atau kejanggalan yang terjadi akan dikomentari dengan tajam nanti.

Konsekuensi dari gaya kepemimpinan yang biasa diskenario, diatur atur, dan dibuat-buat. Masyarakat melihat sebuah model kepemimpinan buruk telah terbentuk, yaitu model kepemimpinan buatan, "artificial leader".

Akhirnya, memang rakyat harus jujur bahwa yang lebih baik, lebih pantas, dan lebih membanggakan itulah sebenarnya Presiden dan Wakil Presiden pilihan kita. Ia adalah juru bicara rakyat dan bangsa Indonesia untuk berbagai forum, termasuk forum internasional.

Bukan yang segala sesuatu mesti dibantu, difasilitasi atau ada pemeran pengganti. Ini bukan panggung pertunjukkan, tapi medan perjuangan untuk membangun kedaulatan dan menyejahterakan seluruh rakyat Indonesia. Juga menegakkan keadilan. Bukan yang hanya bisa berteriak "Merdeka!". [syahid/voa-islam.com]

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

Citizens Jurnalism lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Menunggak 3 Tahun, Dua Santri Yatim ini Tidak Bisa Ikut Ujian, Ayo Bantu..!!

Menunggak 3 Tahun, Dua Santri Yatim ini Tidak Bisa Ikut Ujian, Ayo Bantu..!!

Bercita-cita ngin jadi Dai hafiz Quran, Gasyim & Julaibib tak bisa ikut Ujian Nasional karena menunggak biaya selama 3 tahun (Rp 32 juta). Sang ibu tidak bekerja krn uzur sakit-sakitan....

Nafisa Zahra, Bayi 9 Bulan ini Menderita Kanker Pembuluh Darah. Ayo Bantu..!!!

Nafisa Zahra, Bayi 9 Bulan ini Menderita Kanker Pembuluh Darah. Ayo Bantu..!!!

Baru berusia 9 bulan, bayi ini diuji dengan penyakit Kanker Pembuluh Darah. Kedua pipinya tumbuh dua benjolan sebesar kepal tangan orang dewasa. Ia harus segera dioperasi dan minum susu khusus...

Pasaribu: Disabilitas Kaki yang Ahli Ibadah ini Jadi Incaran Misionaris. Ayo Bantu Modal Usaha.!!

Pasaribu: Disabilitas Kaki yang Ahli Ibadah ini Jadi Incaran Misionaris. Ayo Bantu Modal Usaha.!!

Hidup dengan satu kaki, pria asal Sibolga Tapanuli ini tak kenal putus asa. Setelah kakinya diamputasi karena tertabrak truk, ia justru makin rajin beribadah di masjid. Pria Batak ini butuh bantuan...

Ismail Abdurrahman: Anak Aktivis Dakwah Opname di RS PKU Solo. Ayo Bantu..!!

Ismail Abdurrahman: Anak Aktivis Dakwah Opname di RS PKU Solo. Ayo Bantu..!!

Musibah muntaber tak henti-hentinya menimpa Ismail, anak aktivis dakwah Solo Raya. Sang ayah, Muhammad Arif adalah pekerja serabutan yang saat ini sedang mendapat ujian yang bertubi-tubi. ...

Sakit Stroke, Muallaf Mantan Hindu ini Hidup Sebatang Kara di Gubuk Lapuk. Ayo Bantu.!!

Sakit Stroke, Muallaf Mantan Hindu ini Hidup Sebatang Kara di Gubuk Lapuk. Ayo Bantu.!!

Nyaris sempurna ujian hidup muallaf Nyoman Kawi. Di usia senja, ia tak bisa mencari nafkah karena stroke telah mematikan separo tubuhnya. Hidup sebatang kara, ia tinggal di gubuk lapuk yang tidak...

Latest News

Gamis Syari Cantik Murah Terbaru

Kumpulan Video Aksi Bela Islam
Must Read!
X