Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
4.833 views

Makin Belepotan

Oleh: M Rizal Fadillah

KH Ma'ruf Amin dalam tayangan video menyatakan penyesalan memberi kesaksian di Pengadilan hingga Ahok dipenjara. Terpaksa oleh keadaan dan sudah minta maaf katanya. Video tersebut viral dengan komentar beragam. Umumnya menyudutkan dan menyayangkan sikap sang Kyai. Semakin saja belepotan.

Padahal baru di buat tulisan panjang di Majalah Tempo bahwa KH Ma'ruf Amin itu nyatanya menjadi beban bagi pasangan Capresnya, Jokowi. Maksud meraih dukungan dari umat Islam malah "dibanting-banting" oleh umat Islam. Karena sebagai ulama nyatanya lemah dalam melakukan manuver politik. Memang bukan bidang dan keahlian KH Ma'ruf Amin. Sungguh memprihatinkan jadinya.

Sejak awal dipilih untuk menjadi cawapres pasangan Jokowi sudah ramai komentar ketidaktepatan pilihan. Prof Mahfud yang dinilai lebih layak tersingkir oleh rayuan atau tekanan. Sosok tua Ketum MUI tidak fit untuk bertarung di kancah kompetisi politik yang keras. Keulamaannya terus merosot dalam pencitraannya.

Orang menilai sebagai ulama yang tergoda kekuasaan dunia ia tidak mengukur pada kemampuan dan keahlian. Intinya pasangan petahana ini diambang kebangkrutan suara dan kekalahan.

Di samping faktor Ma'ruf Amin yang semakin belepotan, Jokowi pun redup pula cahayanya. Tak punya daya tarik yang menonjol, yang ada selalu salah langkah. Hal ini dikarenakan modal utama yang dibangun hanya pencitraan dan bukan kualitas atau kapabilitas.

Dalam waktu yang semakin pendek tidak nampak perubahan strategi pemenangan. Yang terjadi adalah penggunaan jurus "Cina Mabuk" tubruk sana tubruk sini. Soal baca Qur'an dan wudhu, soal keluarga, soal "penculikan" yang tidak relevan dengan isu besar pemilihan Presiden dan Wakil Prediden. Tidak fokus dan mudah dibantah serta dilakukan serangan balik.

Kini persiapan debat antara kedua pasangan tengah disiapkan. Melihat cara menjawab pertanyaan wartawan selama ini, wajar jika agak panik pasangan ini menghadapinya. Sampai sampai ada isu KPU akan membatalkan agenda penyampaian visi dan misi. Opsi yang tampil dan menyampaikan adalah Timses mendapat penolakan keras. Rakyat kelak akan memilih kandidat, bukan tim sukses.

Berbeda tingkat kepercayaan diri saat Pilpres 2014 ketika pasangan Jokowi adalah JK yang pengusaha, pernah menjadi Ketua Umum Partai, serta berpengalaman sebagai Wapres. Kelemahan Jokowi dapat ditutupi oleh kapasitas seorang Jusuf Kalla.

Bagi pasangan Prabowo-Sandi sesi debat menjadi momentum bagus untuk meraih simpati dan kepercayaan publik. Keduanya memiliki modal sosial dan intelektual yang cukup. Apalagi jika pasangan lawan dalam keadaan belepotan.

Akal sehat untuk Pilpres 2019 ini yang layak dipercaya sebagai Presiden dan Wakil Presiden adalah Prabowo-Sandi. Ada harapan perbaikan kinerja dalam memimpin Negara. Lebih fit untuk menggerakkan roda pembangunan dan meningkatkan kesejahteraan rakyat. Menutup lubang yang disebabkan kegagalan Pemerintahan Jokowi-Jusuf Kalla.

Saatnya kita buktikan akal sehat dapat memenangkan pertarungan. Bukan fanatisme atau kepentingan-kepentingan pendek serta politik wayang yang menang. [syahid/voa-islam.com]

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

Citizens Jurnalism lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Hidup Sebatang Kara, Nenek Mailah Tinggal di Kandang Domba. Ayo Bantu.!!

Hidup Sebatang Kara, Nenek Mailah Tinggal di Kandang Domba. Ayo Bantu.!!

Di usia 63 tahun saat tubuhnya renta sakit-sakitan, ia hidup sebatang kara. Memasuki musim hujan, rumahnya porak-poranda diterjang puting beliung. Ia terpaksa tinggal di kandang Domba tetangganya....

Terbentur Dana, Santri Hafiz Qur'an Terancam Batal Kuliah ke Luar Negeri. Ayo Bantu.!!

Terbentur Dana, Santri Hafiz Qur'an Terancam Batal Kuliah ke Luar Negeri. Ayo Bantu.!!

Hilmi Priyatama, santri juara penghafal Qur'an 30 juz ini lulus beasiswa di Universitas Internasional Afrika Sudan. Namun ia terancam batal berangkat karena terkendala biaya transport, pemberkasan...

Mushalla Annur Garut Sudah Rampung 60 Persen, Masih Dibutuhkan Dana 20 Juta Lagi, Ayo Bantu.!!

Mushalla Annur Garut Sudah Rampung 60 Persen, Masih Dibutuhkan Dana 20 Juta Lagi, Ayo Bantu.!!

Pembangunan mushalla sudah rampung 60 persen dari pondasi hingga kubah. Masih kekurangan dana 20 juta rupiah untuk finishing agar berfungsi sebagai pusat ibadah, pembinaan aqidah, markas dakwah...

Korsleting Listrik, Pesantren Nurul Hidayah Banten Ludes Terbakar, Ayo Bantu.!!!

Korsleting Listrik, Pesantren Nurul Hidayah Banten Ludes Terbakar, Ayo Bantu.!!!

Musibah kebakaran menghanguskan kamar santri, mushaf Al-Qur'an, kitab kuning, pakaian, alat tulis dsb. Diperlukan dana 25 juta rupiah untuk membangun asrama santri berupa rumah panggung dari...

Mushalla Al-Fatihah Tasikmalaya Selesai Dibangun, Total Biaya 66 Juta Rupiah

Mushalla Al-Fatihah Tasikmalaya Selesai Dibangun, Total Biaya 66 Juta Rupiah

Alhamdulillah mushalla yang hampir roboh dan tidak layak, selesai dibangun permanen. Total dana yang disalurkan sebesar Rp 66.813.500 semoga jadi amal jariyah, pahala terus mengalir tiada akhir...

Latest News

Gamis Syari Cantik Murah Terbaru

Kumpulan Video Aksi Bela Islam
Must Read!
X

Selasa, 19/11/2019 12:50

GPII Minta PBB Beri Sanksi Israel