Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
8.733 views

Muslim Moro Membuat Kesepakatan Final Dengan Pemerintah Filipina?

Kualalumpur (voa-islam.com) Muslim Moro,memulai pembicaraan perdamaian, dan akan membuat kesepakatan akhir. Keseapakatan itu, bertujuan mengakhri konflik yang menewaskan lebih dari 160.000 orang, dan akan ditandatangani pada awal pekan ini, jika empat hari pembicaraan di Malaysia berhasil.
     
Para perunding dari Moro Muslim dan pemerintah Filipina memulai putaran baru pembicaraan damai di Kuala Lumpur pada hari Selasa, bertujuan mencapai kesepakatan mengakhiri konflik yang sudah berlangsung selama 40 tahun  di selatan negara. Pemerintah Perunding pemerintah Filipina dan Muslim  mendekati kesepakatan damai setelah hampir 15 tahun kekerasan berlangsung.

Sebuah perjanjian perdamaian dengan Front Pembebasan Islam Moro (MILF) akan mendirikan daerah otonom diperluas bagi umat Islam di pulau Mindanao, dan  memberi mereka kekuasaan politik dan ekonomi termasuk bagian yang lebih besar dalam pendapatan dari sumber daya alam dan peran yang lebih aktif dalam keamanan dalam negeri.

"Jalan perdamaian ini tidak begitu lama, tapi masih sangat sulit, apakah kita akan sampai di sana," kata Mohagher Iqbal, ketua perunding Muslim, kepada Reuters,  Senin malam.

Kesepakatan mengakhiri konflik yang telah menewaskan lebih dari 160.000 orang, dapat ditandatangani pada awal pekan ini jika empat hari pembicaraan di Malaysia yang sukses.

Iqbal mengatakan masih ada beberapa masalah yang harus diselesaikan dalam pembicaraan terbaru, khususnya pada bentuk dan ukuran entitas politik baru, keamanan internal dan kekayaan-berbagi pengaturan.

Kedua belah pihak bekerja menuju suatu perjanjian kerangka kerja, peta jalan yang akan menciptakan daerah otonom baru, sebelum akhir masa jabatan Presiden Aquino pada 2016.

Perjanjian tersebut akan membentuk komisi 15-anggota yang memiliki transisi hingga 2015 untuk menyusun undang-undang menciptakan entitas baru untuk menggantikan daerah otonom saat ini yang telah berlangsung sejak 1989.

Sebuah konflik yang sangat panjang antara fihak Muslim dan pemerintah Filipina yang mayoritas Katolik, dan terus menerus memerangi Muslim di Selatan, tanpa henti. Mereka tidak memberikan peluang kepada Muslim, hidup secara damai, dan terus memerangi mereka. Dengan bantuan dari pasukan Amerika selama beberapa dasawarsa. 

Organisasi Konferensi Islam (OKI) pernah menjadi mediasi, tapi pemerintah Filipina tidak memiliki iktikad dan komitmen menciptakan perdamaian. Dengan kondisi seperti itu, kelompok Muslim melanjutkan perang melawan pemerintah Manila, yang meyorita Katolik. Filina mayoritas dahulunya Muslim, dan kemudian sesudah datang  penjajah Portugis, maka penjajah Eropa itu, melakukan Katolikisasi terhadap  penduduk. 

Kemudian, Muslim menyingkir ke wilayah Selatan dan berjuang menghadapi Utara, yang sangat membenci Muslim, dan  dengan kekuatan senjata. Tak ada waktu jeda dalam perjuangan melawan pemerintah tiran di Utara yang Katolik. Dukungan intenasional begitu luas bagi Muslim Moro, guna mendapatkan hak-hak dasar mereka.

Sesudah letih berperang pemerintah di Utara (Manila), kemudian mengajak perundingan, dan memberikan hak-hak dasar yang lebih luas secara politk bagi bangsa Moro yang hidup di Selatan. Inilah jalan kemenangan bagi Muslim Moro. Sesudah mereka berperang melawan penjajah di Utara. mh. 
    

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

Intelligent Leaks lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Ustadzah Salma Khoirunnisa, salah satu pengajar di Pesantren Tahfizul Quran Darul Arqom Sukoharjo mengalami kecelakaan. Kondisinya masih belum sadar, dan sempat koma selama 5 hari karena diperkirakan...

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Diawali dengan berniat karena Allah, berperan aktif menebarkan amal sholeh dan turut serta membantu pemerintah memberikan kemudahan kepada umat mendapatkan pelayanan kesehatan, maka Ulurtangan...

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Rafli Bayu Aryanto (11) anak yatim asal Weru, Sukoharjo ini membutuhkan biaya masuk sekolah tingkat SMP (Sekolah Menengah Pertama). Namun kondisi ibu Wiyati (44) yang cacat kaki tak mampu untuk...

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Alhamdulillah, pada Sabtu, (18/11/2023), Yayasan Ulurtangan.com dengan penuh rasa syukur berhasil melaksanakan program Sedekah Barangku sebagai wujud nyata kepedulian terhadap sesama umat Islam....

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Sungguh miris kondisi Arga Muhammad Akbar (2) anak kedua pasangan Misran dan Sudarti ini, sudah sebulan ini perutnya terus membesar bagai balon yang mau meletus. Keluarganya butuh biaya berobat...

Latest News

MUI

Sedekah Al Quran

Sedekah Air untuk Pondok Pesantren

Must Read!
X