Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
19.334 views

Mengapa Partai AKP Turki Menghalangi Gerakan Fethullah Gulen?

Istambul (voa-islam.com) Keputusan pemerintah Turki pemerintah menutup sekolah persiapan telah menempatkan pemerintah bersebarangan  dengan Fethullah Gulen  dan pengikutnya. Di mana kelompok Gulen sebuah  komunitas agama sangat berpengaruh di negeri itu.

Sebuah perdebatan sengit melanda Turki minggu lalu, akibat penutupan yang diusulkan terhadap  sekolah persiapan (SMU) di seluruh Turki. Namun, langkah itu merupakan indikasi perpecahan terbuka antara pemerintah Turki dengan Fethullah Gulen  dan pengikutnya  yang belum lama  menikmati hubungan yang harmonis dengan AKP.

Karena banyak sekolah persiapan yang dimiliki oleh Gerakan Hizmet Fethullah Gulen. Penutupan terhadap sekolah itu berdampak sangat serius, dan akan merusak pertumbuhan  gerakan mereka .

Gerakan Hizmet telah menyediakan pendidikan sekolah persiapan  terjangkau bagi pelajar di Turki sejak tahun 1970, dan membantu mereka mempersiapkan diri masuk universitas, dan membantu para pelajar  yang tidak memadai kemampuannya di sekolah umum.

Namun, mereka bukan hanya dikenal  lebih dari sekolah persiapan sederhana (murah), tetapi sebagai Gerakan Hizmet, di bawah asuhan Fethullah Gulen, yang dianggap menjadi alat dan  alternatif untuk propaganda kaum Kemalis - yang ditawarkan oleh sekolah-sekolah umum .

Karena alasan ini, sekolah itu sering menjadi sasaran oleh pemerintah Turki sebelumnya, dan  memaksa Gulen meninggalkan Turki, dan pergi ke pengasingan di Amerika Serikat pada tahun 1999 , sampai Recep Tayyip Erdogan dan Partai Pembangunan ( AKP ) berkuasa pada 2003, dan Gulen menolak seruan Erdogan kembali ke Turki.

Erdogan menawarkan kerjasama dengan gerakan itu yang memungkinkan mereka  berkembang. Saat ini, sekolah-sekolah dan lembaga-lembaga milik gerakan itu tidak hanya beroperasi di seluruh Turki, tetapi juga telah dibuka di negara-negara lain.

Dari sekolah-sekolah ini telah melahirkan banyak pemikir dan media. Selain itu, banyak pengikut Gulen ini telah menikmati kesuksesan dalam penegakan hukum dan dalam karir politik, termasuk dalam Partai AKP.

Namun, pada awal 2012, hubungan AKP dengan Gulen mulai retak, tercermin  dalam hubungan antara Erdogan dan Gulen, ketika seorang jaksa kepala menuduh intelijen Turki Hakan Fidan, Gulen terkait dengan kegiatan PKK, kelompok bersenjata dari separatis Kurdi di selatan negara itu – timur Turki.

Tuduhan melakukan operasi rahasia dan rahasia yang dilakukan oleh PKK,  dan menempatkan kehidupan agen operasional PKK dalam bahaya. Erdogan marah oleh apa yang tampaknya menjadi plot percobaan menurunkan salah satu anak menteri Turki.

Ironisnya , Erdogan pada musim panas tahun 2012, ia menyerukan Fethullah Gulen  mengakhiri pengasingan dirinya dan kembali ke Turki - tetapi Gulen menolak seruan Erdogan.

Erdogan juga baru-baru dilaporkan  mengirim sebuah pesan agar kesehatan segera baik, sesudah Erdogan mendengar mendengar kesehatan Gulen memburuk.  Namun, pada saat yang sama Wartawan dan Penulis Foundation ( GYV ) , kelompok lain milik Gerakan Hizmet , mengklaim bahwa pemerintah menuduh mereka berada di balik Gezi Taman kerusuhan musim panas 2013.

Juga , hubungan antara Erdogan dan salah satu wakilnya , Bulent Arinc , yang juga dikenal atas hubungannya dengan masyarakat Gulen, agak kurang harmonis dalam  beberapa pekan terakhir

Tidak ada media lebih kritis terhadap tindkaan pemerintah menutup sekolah-sekolah daripada selain koran Zaman yang dimiliki oleh masyarakat Gulen . Meskipun Menteri Pendidikan Turki, Nabi Avci, mengatakan bahwa sekolah persiapan bebas mendaftar sebagai sekolah swasta.

Zaman mengklaim bahwa hanya 263 diantara 3.100 sekolah persiapan berada dalam posisi mengubah diri menjadi sekolah tinggi swasta . Hal ini juga menyatakan bahwa mereka yang tidak sesuai dengan peraturan baru akan dikenakan denda besar.

Gulen sendiri menerbitkan sebuah video yang menghubungkan sikap pemerintah saat ini terhadap sekolah persiapan dengan sikap pemerintah pasca - kudeta di masa lalu. Dia juga membandingkan mereka yang menentang gerakan terhadap Firaun, dan agak ironis , menyerukan para mantan jenderal  militer yang sedang diadili di Turki dituduh merencanakan menggulingkan pemerintah yang akan disiarkan.

Tentu saja ini membuat Gulen merasa seperti dia tidak punya pilihan selain meninggalkan Turki untuk keselamatan pada tahun 1999 .

Di twitter telah kewalahan oleh pengguna  tweetter memperdebatkan langkah-langkah baru pemerintah Turki dengan laporan mengklaim bahwa kalangan Partai AKP telah membentuk tentara Twitter 6.000 melawan kritik di outlet pro - Gulen.

Dengan pemilihan lokal mendekati pada tanggal 30 Maret , banyak juga mulai berspekulasi bahwa Fethullah Gulen dan pengikutnya akan menghentikan dukungan terhadap  Partai AKP, sementara yang lain berspekulasi, para pengikut  Gulen dapat terbelah dalam sikap  politik mereka, tentu tidak semua menolak Gulen. *mashadi

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

Analysis lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Ustadzah Salma Khoirunnisa, salah satu pengajar di Pesantren Tahfizul Quran Darul Arqom Sukoharjo mengalami kecelakaan. Kondisinya masih belum sadar, dan sempat koma selama 5 hari karena diperkirakan...

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Diawali dengan berniat karena Allah, berperan aktif menebarkan amal sholeh dan turut serta membantu pemerintah memberikan kemudahan kepada umat mendapatkan pelayanan kesehatan, maka Ulurtangan...

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Rafli Bayu Aryanto (11) anak yatim asal Weru, Sukoharjo ini membutuhkan biaya masuk sekolah tingkat SMP (Sekolah Menengah Pertama). Namun kondisi ibu Wiyati (44) yang cacat kaki tak mampu untuk...

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Alhamdulillah, pada Sabtu, (18/11/2023), Yayasan Ulurtangan.com dengan penuh rasa syukur berhasil melaksanakan program Sedekah Barangku sebagai wujud nyata kepedulian terhadap sesama umat Islam....

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Sungguh miris kondisi Arga Muhammad Akbar (2) anak kedua pasangan Misran dan Sudarti ini, sudah sebulan ini perutnya terus membesar bagai balon yang mau meletus. Keluarganya butuh biaya berobat...

Latest News

MUI

Sedekah Al Quran

Sedekah Air untuk Pondok Pesantren

Must Read!
X