Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
7.940 views

Apa yang Terjadi pada Semua Pejuang Asing Islamic State (IS)?

IRAK/SURIAH (voa-islam.com) - Diperkirakan 40.000 orang melakukan perjalanan dari seluruh dunia untuk mengangkat senjata berjuang bersama kelompok Islamic State (IS) di Suriah dan Irak saat mereka menduduki wilayah tersebut dan mengumumkan kekhalifahan pada tahun 2014.

Beberapa ratus diyakini masih berperang saat IS berjuang untuk bertahan hidup, setelah kehilangan sebagian besar wilayahnya menyusul kampanye oleh pasukan koalisi Suriah dan Irak yang didukung Barat.

Tapi apa yang terjadi dengan yang lain? Ribuan orang terbunuh dalam pertempuran sengit, namun para ahli AS percaya bahwa banyak yang bertahan, menimbulkan ancaman berat yang akan terjadi.

"Masalahnya adalah: berapa banyak yang telah meninggal? Masih ada yang masih mau dan mau bertempur? Berapa banyak yang telah pergi ke tempat lain untuk bertempur?" kata Seth Jones, direktur Pusat Kebijakan Keamanan dan Pertahanan Internasional di Rand Corporation.

"Berapa banyak yang telah menyerah? Saya tidak berpikir kita memiliki jawaban yang bagus."

Kelompok kontra-terorisme internasional itu berusaha keras untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan tersebut, bekerja keras untuk memberi nama, menghitung dan melacak pejuang asing IS.

Di Prancis, kata pejabat, sekitar 1.700 orang pergi ke Irak dan Suriah sejak tahun 2013 untuk bergabung dengan IS.

Dari mereka, 400 sampai 450 telah terbunuh, dan 250 kembali ke Prancis.

Menteri Luar Negeri Jean-Yves Le Drian mengatakan pada tanggal 8 Desember bahwa sekitar 500 masih berada di medan tempur Irak-Suriah, dan bagi mereka sekarang sangat sulit untuk kembali ke Prancis.

Tapi itu menyisakan 500 lainnya yang keberadaannya tidak diketahui, banyak dari mereka memiliki keterampilan perang, memegang senjata dan membuat bom.

'Tiket satu arah' 

Spesialis teror Bruce Hoffman dari Universitas Georgetown memperkirakan selama sebuah konferensi pada hari Rabu bahwa "ribuan" telah lolos dari zona perang.

"Hari ini, beberapa di antaranya kemungkinan besar ada di Balkan, tiarap untuk sementara waktu, menunggu kesempatan untuk menyusup ke seluruh Eropa," katanya.

Beberapa telah melakukan perjalanan ke front jihad lainnya, menurut Thomas Sanderson, dari Proyek Pengembangan Transnasional Internasional dan Studi Internasional.

Misalnya, katanya, setidaknya 80 pejuang IS dari Maroko, Rusia, Arab Saudi dan Yaman sejak bulan Mei telah bergabung dengan kelompok Abu Sayyaf yang berperang dengan tentara pemerintah di Filipina selatan.

Penduduk lokal di provinsi Jowzjan, Afghanistan utara, mengatakan kepada AFP bahwa veteran IS berbahasa Prancis- dari Prancis atau negara-negara Afrika utara - baru-baru ini mendirikan kamp di sana.

Dan mereka juga memiliki pilihan untuk zona konflik lain di Afrika utara, seperti Libya, Somalia, Yaman dan tempat-tempat lain dimana kelompok jihad seperti IS melakukan pemberontakan kekerasan.

Kekalahan IS di medan perang di Suriah di Irak tidak menutup jalur pelarian.

Pejuang IS bisa berbaur dengan pengungsi sipil atau menyuap cara mereka menyelinap masuk ke Turki.

Namun demikian, banyak juga yang tidak punya banyak pilihan selain terus berjuang: karena mereka tidak pernah memiliki rencana untuk kembali ke negara asal mereka, di mana mereka menghadapi hukuman penjara dalam banyak kasus, menurut Jones.

"Bagi banyak orang, ini adalah melakukan perjalanan satu arah. Mereka ingin hidup dalam kekhalifahan, secara permanen, jadi kita tidak melihat langkah mundur yang besar." (st/AFP) 

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

Analysis lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Ustadzah Salma Khoirunnisa, salah satu pengajar di Pesantren Tahfizul Quran Darul Arqom Sukoharjo mengalami kecelakaan. Kondisinya masih belum sadar, dan sempat koma selama 5 hari karena diperkirakan...

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Diawali dengan berniat karena Allah, berperan aktif menebarkan amal sholeh dan turut serta membantu pemerintah memberikan kemudahan kepada umat mendapatkan pelayanan kesehatan, maka Ulurtangan...

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Rafli Bayu Aryanto (11) anak yatim asal Weru, Sukoharjo ini membutuhkan biaya masuk sekolah tingkat SMP (Sekolah Menengah Pertama). Namun kondisi ibu Wiyati (44) yang cacat kaki tak mampu untuk...

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Alhamdulillah, pada Sabtu, (18/11/2023), Yayasan Ulurtangan.com dengan penuh rasa syukur berhasil melaksanakan program Sedekah Barangku sebagai wujud nyata kepedulian terhadap sesama umat Islam....

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Sungguh miris kondisi Arga Muhammad Akbar (2) anak kedua pasangan Misran dan Sudarti ini, sudah sebulan ini perutnya terus membesar bagai balon yang mau meletus. Keluarganya butuh biaya berobat...

Latest News

MUI

Sedekah Al Quran

Sedekah Air untuk Pondok Pesantren

Must Read!
X