Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
3.917 views

Hari Ibu, antara Fakta Kelabu dan Kondisi yang Dirindu

Oleh: Wulan Citra Dewi, S.Pd.

            Sebuah bingkisan di hari Ibu. Fakta mencengangkan, ketahanan keluarga Indonesia dalam ancaman. Hal ini dapat dirasakan dari pemaparan Prof. Euis Sunarti dalam acara Indonesia Lawyers Club (ILC), 19/12.  Beliau mengungkapkan bahwa terdapat kejadian-kejadian dan data yang terus meningkat terkait dengan penyimpangan seksual, zina, perkosaan, dan cabul sesama jenis di masyarakat.

Desember 2015, tercatat 8013 pelaku seks sesama jenis di Bogor. Jumlah fantastis ini adalah yang terdata, ada nama dan alamatnya. Bagaimana dengan yang tidak terdata? Bahkan, penelitian beliau juga mengungkap bahwa aktivitas seks sesama jenis ini juga telah menjangkit pada anak-anak usia 11-13 tahun. Lingkungan yang demikian sungguh sangat mengkhawatirkan dan menakutkan, pungkas beliau.

Mungkin ada yang merasa, ”Itu kan data di satu daerah saja. Jauh pula dari daerah kita. jadi jangan digeneralisir, deh!”. Ok, saya juga ingin berbagi. Tapi bukan data-data ilmiah sebagaimana yang dipaparkan Prof. Euis, ya. Kali ini tentang kejadian yang tidak terdata, tapi nyata ada di tengah-tengah kita. Di sebuah forum diskusi dalam acara talkshow Muslimah Peduli Negeri Selamatkan Generasi, ada banyak curhatan para Ibu istimewa dari berbagai profesi.

Forum yang terselenggara pada 29 oktober 2017 lalu, sengaja mengundang tokoh-tokoh muslimah yang ada di Pekanbaru, Riau. Kebetulan, saya turut serta dalam acara tersebut. Satu saja yang ingin saya share dalam tulisan ini, yakni curhatan seorang Ibu yang mengasuh sebuah sekolah PAUD. Merinding, bahkan ketika saya harus mengingat kembali dan menuliskannya saat ini. Mengerikan, ada tiga peserta didik Ibu tersebut yang menjadi korban sodomi. Darah saya pun seakan berhenti mengalir tatkala beliau sampaikan bahwa pelakunya adalah siswa kelas satu sekolah dasar (SD).

Bagaimana, masih merasa generasi kita aman dan baik-baik saja? Predator itu ada di sekitar kita. Bahaya tengah mengintai ketahanan keluarga Indonesia. Ayo para Ibu, buka mata dan rasa!

Hari Ibu Masih Kelabu

Lazimnya, di setiap ceremonial sebuah  hari istimewa akan membahas yang ’indah-indah’ tentang momen tersebut. Misal, hari kemerdekaan. Maka isi dari ceremonial yang lazim adalah dengan bernostalgia tentang ’indahnya’ pernak-pernik kemerdekaan dari segala sisi. Sehingga sering kali luput, substansi kemerdekaan itu sendiri. Bahkan ketika hampir seluruh sumber daya alam berada dalam kendali asing, kita pun masih terhipnotis dengan ’indahnya’ sebuah ceremonial, keukeuh  merasa bahwa kita merdeka. Miris!

Begitupun dengan ceremonial hari ibu. Dikemas sedemikian rupa dengan lirik-lirik puitis yang mengalunkan ’keindahan demi keindahan’ sosok seorang Ibu. Bernostalgia tentang peran Ibu dari mulai pendidik generasi hingga penentu peradaban sebuah negeri. Rangkaian bunga dengan warna-warna pastel nan lembut begitu memanjakan mata. Menenangkan hati dan jiwa. Baik berupa buket ataupun sekedar visual, turut mendeskripsikan narasi ’keindahan’ hari Ibu yang diperingati setiap tahunnya. Yah, ceremonial tahunan yang ibarat paradoks jika dihadapkan pada kehidupan nyata para Ibu Indonesia, bahkan dunia.

Stop! Berhenti untuk bereforia dengan ceremonial semata. Sadar, bahwa hingga tahun ini, nasib Ibu masih bahkan bertambah kelabu. Belum selesai kegalauan jiwa para ibu yang harus menitipkan anak-anak mereka pada pengasuh karena mereka harus turut serta mencari nafkah untuk mencukupi kebutuhan keluarga.

Belum beres kegundahan para Ibu, memikirkan bagaimana agar anak mereka terhindar dari narkoba, film porno, geng motor dan tindak kriminal lainnya. Belum tuntas kebimbangan para Ibu yang harus berpikir bagaimana menjaga anak-anaknya dari pergaulan bebas agar tidak dihamili atau menghamili. Kini, pundak para Ibu harus siap dan kuat menerima kenyataan tentang bahaya yang menghadang buah hati yang dimiliki.

Yah, LGBT! Terlebih, pasca keputusan MK yang menolak mengkriminalkan tindakan LGBT, maka bertambah lagi satu masalah serius yang harus dipikul oleh para Ibu. Jadi sebagai seorang Ibu, punya anak jaman now bukan hanya takut sang anak dihamili atau menghamili ya, Mak! Emak juga harus waspada, jangan sampai sang anak disodomi atau menyodomi. Nah, loh!

Badai Nestapa Penambah Lara

            Fitrahnya seorang Ibu, tentu menginginkan selalu dekat dengan buah hatinya. Menemani setiap proses tumbuh kembang ananda tercinta. Menjadi sahabat setia, tempat pertama yang menjadi curahan keluh kesah, tangis tawanya buah cinta. Namun apalah daya, kenyataan tidak berpihak pada fitrah yang menyala. Terpaksa, fitrah itu harus dipadamkan.

Mengingat perekonomian keluarga tidak memberi belas kasihan, tidak ada kesempatan untuk bermanja-manja dengan setiap perkembangan ananda. Dapur, listrik, pendidikan, kesehatan dan kebutuhan lainnya sudah meronta untuk dipenuhi. Sedangkan penghasilan sang Bapak tidak mencukupi. Maka sang Ibu, ambil peran untuk turut mengais rezeki. Resikonya, sikap dan karakter anak tidak lagi dalam kendali. Lost control! Sungguh, masalah ini saja sudah cukup memusingkan kepala kaum hawa. Betul begitu kan, Mak?!

Ditambah lagi lingkungan yang peran utamanya sebagai alat kontrol masyrakat, ternyata juga telah mengalami dekonstruksi. Rasa peduli, menjadi barang langka di masyarakat masa kini. Individualisme justru menjadi trend baru yang seolah benar untuk dibudayakan. ”Selagi tidak mengganggu saya, suka-suka merekalah!” atau ”Ah, yang penting bukan anak saya”, selogan ketidakpedulian ini merebak sedemikian rupa. Alhasil, kemaksiatan dan kerusakan pun semakin merajalela.

Berikutnya adalah peran Negara. Sebagai pengatur dan pembuat hukum, Negara menjadi tombak harapan bagi terjaminnya kesejahteraan dan keselamatan bagi seluruh rakyatnya termasuk kaum ibu beserta anak keturunannya. Para Ibu pasti memiliki harapan, dapat merasakan perawatan atau sekedar istirahat tidur siang untuk melepaskan penat dari rutinitasnya sebagai Ibu. Tanpa perlu memikirkan terikat kontrak pekerjaan, karena penghasilan suaminya sudah mencukupi kebutuhan. Tanpa pusing merancang strategi pendidikan apa lagi untuk si buah hati demi terhindar dari paparan kemaksiatan, karena negara hadir memberikan perisai kepada seluruh warga agar terhindar dari berbagai macam kejahatan. Betul tidak sih Mak pengen yang beginian?!

Sayangnya ibarat pungguk merindukan rembulan, Mak. Sampai hari ini, Negara masih glagapan memberikan perlindungannya untuk kita. Negara masih belibet dengan polemik KUHP yang mandul dari melindungi segenap bangsa. Usut punya usut, rupanya KUHP kita warisan dari Belanda. Negara yang 350 tahun lebih menjajah bangsa kita. Negara penjajahnya sudah hengkang, tapi hukumnya masih mengekang. Macam mana tu Mak?! Hadeh, inilah dia badai nestapa penambah lara. Sabarrrr!

Ibu, Garda Utama Penjaga Ketahanan Bangsa

Jika memang hari ibu ini adalah persembahan istimewa untuk menghargai kaum ibu, semestinyatidak sekedar ceremonial tahunan saja yang dijadikan euforia. Buktikan bahwa kaum Ibu itu istimewa. Ibu adalah pabrik pertama dan utama bagi tercetaknya generasi yang kuat, sehat, berkarakter, beriman dan bertakwa. Ini adalah peran besar dan mulia dalam mewujudkan ketahanan dari sebuah Negara.

Bukankah Negara yang kuat harus disokong oleh generasi yang kuat pula? Generasi yang kuat hanya bisa diproduksi oleh unit keluarga yang juga memilki ketahanan yang kuat. Ketahan keluarga itu, penopang terbesarnya ada pada Ibu. Sang pendidik pertama dan utama bagi anak-anaknya. Bagi generasi bangsa.

Maka sudah selayaknya Negara memberika suport nyata bagi terwujudnya peran Ibu dalam pembangunan bangsa. Negara harus hadir dalam menjamin kesejahteraan serta keamanan para Ibu dalam hal ini dengan menciptakan lapangan pekerjaan yang memadai bagi para kepala keluarga, juga memberlakukan aturan hukum yang menjaga fitrah kemanusiaan. Serta memberikan jaminan dalam setiap kebutuhan pokok semisal kesehatan dan pendidikan. Sehingga kaum Ibu dapat menjalankan fitrahnya dengan fokus dan optimal. Para Ibu akan dengan sangat senang hati menjadi garda terdepan, menghantarkan putra putri mereka menjadi generasi terbaik yang akan menjaga ketahanan Bangsa ini.

Akhirnya harus pula disadari, bahwa berbagai nestapa yang ada bukan hadir tiba-tiba. Tidak mungkin ada asap, kalau tidak ada api. Padamnya fitrah kaum Ibu akibat faktor kebutuhan ekonomi, hilangnya rasa peduli di tengah masyarakat dan gagalnya negara dalam melindungi rakyatnya adalah akibat berpalingnya bangsa ini dari hukum-hukum Sang Pencipta kehidupan. Alhasil, kesempitan hidup begitu menghimpit kita dewasa ini. Jangan sampai pula, kelak kita dibangkitkan dalam keadaan buta jika terus menerus berpaling dari peringatanNya. Naudzubillah!

Dan barang siapa berpaling dari peringatanKu, maka sungguh dia akan menjalani kehidupan yang sempit,dan Kami akan mengumpulkannya pada hari kiamat dalam keadaan buta.” (TQS. Taha:124)

Jika hukum warisan Belanda terbukti mandul dalam menjaga ketahanan keluarga dan Negara, mungkin sudah saatnya kita kembali pada ayat-ayat Sang Pencipta dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Saat itulah, hari Ibu tidak hanya dimaknai dalam ceremonial tahunan semata akan tetapi menjadi suatu moment harian yang selalu dirindukan. Wallahualam. (rf/voa-islam.com)

Ilustrasi: Google

*Penulis buku Hijrahmu Inspirasi Dunia

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

Analysis lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Ustadzah Salma Khoirunnisa, salah satu pengajar di Pesantren Tahfizul Quran Darul Arqom Sukoharjo mengalami kecelakaan. Kondisinya masih belum sadar, dan sempat koma selama 5 hari karena diperkirakan...

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Diawali dengan berniat karena Allah, berperan aktif menebarkan amal sholeh dan turut serta membantu pemerintah memberikan kemudahan kepada umat mendapatkan pelayanan kesehatan, maka Ulurtangan...

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Rafli Bayu Aryanto (11) anak yatim asal Weru, Sukoharjo ini membutuhkan biaya masuk sekolah tingkat SMP (Sekolah Menengah Pertama). Namun kondisi ibu Wiyati (44) yang cacat kaki tak mampu untuk...

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Alhamdulillah, pada Sabtu, (18/11/2023), Yayasan Ulurtangan.com dengan penuh rasa syukur berhasil melaksanakan program Sedekah Barangku sebagai wujud nyata kepedulian terhadap sesama umat Islam....

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Sungguh miris kondisi Arga Muhammad Akbar (2) anak kedua pasangan Misran dan Sudarti ini, sudah sebulan ini perutnya terus membesar bagai balon yang mau meletus. Keluarganya butuh biaya berobat...

Latest News

MUI

Sedekah Al Quran

Sedekah Air untuk Pondok Pesantren

Must Read!
X