Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
5.213 views

Akankah Wanita Indonesia dan Malaysia Terkait IS yang Ditahan Pasukan Kurdi Bisa Kembali Ke Rumah?

*Oleh: Zam Yusa

Sekelompok perempuan Indonesia dan Malaysia yang terkait dengan kelompok Islamic State [IS] termasuk di antara ratusan perempuan dan anak perempuan yang ditahan oleh pasukan Kurdi di Suriah pada bulan Februari.

Sejak itu kedua pemerintah mengklaim bekerja untuk merilis mereka, tetapi kemajuan tetap lambat.

Sekitar 800 perempuan dari berbagai negara ditahan dan ditahan di tempat-tempat penahanan. Di antara mereka setidaknya ada 15 orang Indonesia dan satu wanita Malaysia.

Nadim Houry, direktur program terorisme dan kontra-terorisme Human Rights Watch, berbicara dengan banyak perempuan selama kunjungan ke kamp-kamp tahanan di daerah-daerah yang dikuasai Kurdi, dan mengungkapkan bahwa sebagian besar perempuan memiliki anak-anak bersama mereka.

Mereka dilaporkan ditahan secara terpisah dari pejuang IS yang ditangkap. Para wanita itu diberi kebebasan dalam batas tertentu - tetapi tidak diizinkan meninggalkan kamp.

Beberapa wanita yang diwawancarai oleh Houry mengatakan bahwa mereka "dipukuli dan dipermalukan" selama interogasi dan dipaksa untuk hidup dalam kondisi yang tidak higienis dengan bayi mereka.

"Para wanita ini berada dalam situasi yang sangat sulit. Untuk anak-anak kecil, terutama, keadaannya tidak berarti bagus," kata Houry, menambahkan bahwa para wanita ingin pulang ke rumah dan bersedia menghadapi tuntutan kriminal di negara asal mereka.

"Beberapa wanita ingin setidaknya mengirim anak-anak mereka ke rumah," katanya. "Anak-anak tidak melakukan kejahatan apa pun. Mereka adalah korban perang, dan seringkali orang tua mereka yang radikal."

Pemerintah Kurdi mengatakan mereka tidak ingin mengadili para wanita dan lebih suka mengirim mereka kembali ke negara asal mereka, tetapi beberapa negara menentang langkah itu ketika mereka berurusan dengan ribuan pejuang yang kembali.

'Tidak banyak pengaruh'

Pihak berwenang Malaysia mengatakan mereka berhubungan dengan Interpol dan menggunakan "saluran tidak resmi untuk mengkonfirmasi kehadiran" wanita Malaysia dan anak-anaknya di tahanan Kurdi. Seorang pakar Australia mengatakan bahwa pemerintah Malaysia sedang bernegosiasi langsung dengan suku Kurdi untuk informasi dan pembebasan warga negara mereka.

Sementara itu, menteri pemerintah Indonesia Wiranto mengatakan pihak berwenang telah "mengambil tindakan segera" dan kementerian luar negeri dan badan kontra-terorisme akan bekerja sama dengan polisi untuk menyelidiki penahanan perempuan Indonesia.

Namun menurut seorang analis keamanan Indonesia, pemerintah tidak memiliki banyak pengaruh atas Kurdi.

"Jika mereka ditangkap oleh YPG [Unit Perlindungan Rakyat], milisi terutama-Kurdi di Suriah, maka pemerintah Indonesia harus membayar tebusan, dan saya benar-benar ragu mereka benar-benar tertarik untuk melakukannya," analis, yang meminta anonimitas, mengatakan kepada The New Arab.

"Pemerintah Indonesia mungkin harus menggunakan saluran tidak resmi untuk memastikan pembebasan mereka."

Dilaporkan bahwa Indonesia juga telah meminta bantuan pihak berwenang Turki.

"Orang-orang ini yang diekspatriasi seharusnya ditangkap bukan oleh Kurdi, tetapi ditangkap atau dicegat di sekitar pintu keluar atau rute akses dari Turki ke Suriah, sehingga Turki masih memiliki banyak pengaruh," tambah analis.

Chaula Rininta Anindya, seorang analis penelitian pada Program Indonesia dari Sekolah Studi Internasional Rajaratnam S. di Universitas Nanyang Teknologi Singapura, mengatakan bahwa dia yakin Indonesia sedang mengambil upaya untuk menangani terorisme di Indonesia sebagai pertimbangan.

"Pernah ada usulan dalam rancangan undang-undang tentang amandemen terorisme untuk membatalkan kewarganegaraan orang Indonesia yang bergabung dengan organisasi ekstremis di luar negeri," katanya kepada The New Arab.

"Namun, ide ini sangat dikritik. Pertama, tidak ada dasar hukum yang kuat untuk mencabut kewarganegaraan orang-orang Indonesia yang bergabung dengan kelompok ekstremis di luar negeri. Menurut UU No. 12/2006, pemerintah hanya dapat mencabut kewarganegaraan seseorang jika mereka bergabung militer suatu negara asing atau tinggal di luar negeri selama lima tahun berturut-turut tanpa memberi tahu pemerintah, "Anindya menjelaskan.

"Dalam hal ini, jika Indonesia mencabut kewarganegaraan mereka, itu juga berarti Indonesia mengakui IS sebagai negara yang berdaulat."

Ahli Indonesia itu juga mengatakan mencabut kewarganegaraan mereka akan melanggar hak asasi manusia mereka.

"Indonesia tidak mengakui kewarganegaraan ganda, sehingga setelah kewarganegaraan mereka dicabut, mereka akan menjadi warga negara tanpa kewarganegaraan," katanya.

"Pasal 15 Deklarasi Universal Hak Asasi Manusia melindungi hak-hak kebangsaan. Dengan kata lain, mereka masih warga negara Indonesia dan masing-masing memiliki hak untuk dilindungi oleh negara berdasarkan UUD 1945."

Dia juga mengatakan bahwa mereka yang melakukan perjalanan ke Suriah mungkin menghadapi kekecewaan terhadap IS.

"Ada sejumlah kasus orang Indonesia yang memutuskan untuk kembali ke negaranya setelah hidup dalam kondisi yang menyedihkan di Suriah, seperti Dwi Djoko Wiwoho dari Batam yang mengaku tertipu oleh propaganda IS. Oleh karena itu, masih ada kemungkinan bahwa orang Indonesia ini bersedia kembali ke Indonesia, "katanya.

Pemerintah Indonesia juga dapat menggunakan pengalaman negatif dari mereka yang telah tinggal dengan kelompok Islamic State untuk bantuan dan informasi.

"Ini akan membantu mengkomunikasikan kepada perekrut kelompok ekstremis potensial yang kami tahu propaganda mereka tidak benar sama sekali," jelasnya.

Pengaruh Islamic State di Indonesia tampaknya semakin meningkat ketika kelompok itu meningkatkan upaya propagandanya di wilayah tersebut. Hingga 30 kelompok Indonesia telah berjanji setia kepada IS dan beberapa telah menyuarakan ambisi untuk membentuk cabang IS resmi di Asia Tenggara. Antara 300 dan 700 orang Indonesia diyakini telah bergabung dengan kelompok di Suriah dan Irak selama dua tahun terakhir.

Analis Indonesia percaya bahwa ini mungkin memiliki pengaruh terhadap tingkat antusiasme dalam pemerintah Indonesia untuk memulangkan perempuan yang ditahan.

"Kecuali mereka diberitahu untuk benar-benar melakukan sesuatu oleh, misalnya, pemerintah Turki, pemerintah Indonesia tidak mungkin bertindak," katanya.

"Saya hanya tidak melihat banyak tuntutan dari orang Indonesia, terutama di media sosial, untuk mengembalikan orang-orang ini. Saya pikir mayoritas berpikir lebih baik meninggalkan mereka di sana daripada menyelamatkan mereka karena ada potensi untuk menimbulkan lebih banyak masalah di negara asal. " (st/TNA)

Zam Yusa adalah wartawan Malaysia yang melaporkan keamanan, terorisme, pertahanan dan konflik Asia Tenggara.

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

Analysis lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Ustadzah Salma Khoirunnisa, salah satu pengajar di Pesantren Tahfizul Quran Darul Arqom Sukoharjo mengalami kecelakaan. Kondisinya masih belum sadar, dan sempat koma selama 5 hari karena diperkirakan...

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Diawali dengan berniat karena Allah, berperan aktif menebarkan amal sholeh dan turut serta membantu pemerintah memberikan kemudahan kepada umat mendapatkan pelayanan kesehatan, maka Ulurtangan...

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Rafli Bayu Aryanto (11) anak yatim asal Weru, Sukoharjo ini membutuhkan biaya masuk sekolah tingkat SMP (Sekolah Menengah Pertama). Namun kondisi ibu Wiyati (44) yang cacat kaki tak mampu untuk...

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Alhamdulillah, pada Sabtu, (18/11/2023), Yayasan Ulurtangan.com dengan penuh rasa syukur berhasil melaksanakan program Sedekah Barangku sebagai wujud nyata kepedulian terhadap sesama umat Islam....

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Sungguh miris kondisi Arga Muhammad Akbar (2) anak kedua pasangan Misran dan Sudarti ini, sudah sebulan ini perutnya terus membesar bagai balon yang mau meletus. Keluarganya butuh biaya berobat...

Latest News

MUI

Sedekah Al Quran

Sedekah Air untuk Pondok Pesantren

Must Read!
X