Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
5.143 views

Beginilah Cara Sahabat Meminta Ghonimah Perang kepada Rasulullah

Oleh: Anastasia

Selamat datang keberkahan di tanah Ibrahim, kelak berhala-berhala  itu akan punah, sirna bersama pembesar kaum congkak yang sombong dengan agama Allah. 

Setelah bersabar dengan ujian, Allah berikan kemenangan kepada umat islam, sejarah peradaban umat manusia segera mulai di langit madinah, sungguh luar biasa Allah telah menyempurnakan risalah para nabinya dengan menutup masa kenabian dengan lahirnya Muhamad Rosul Allah, sang pemimpin umat manusia.

Jihad atas nama menyebarluaskan cahaya Allah telah membakar pemuda berlomba-lomba bermimpi menjadi jendral perang di barisan utama, kemenangan umat islam atas kaum kafir, membuka tabir, bahwa islam di bawah kepemimpinan Rosulallah sudah bukan kaum yang lemah, justru menjadi bagian umat yang patut diperhitungkan. Tiga minggu setelah penaklukan kota Mekkah, sebagian orang kafir telah mengakui kekalahannya, tidak ada pilihan ataukah terpaksa tunduk di bawah kekuasaan islam, dan sebagian orang kafir memeluk islam.

Seorang lelaki Malik bin ‘Auf al-Nashriy diam termenung dalam kecemasaan, kakinya tanpa mampu menopang tubuhnya yang diselimuti kepedihan melihat pasukan islam mengepung Mekkah, bagaimana nasih bani-bani di sekitaran Mekkah akankah mereka masuk menjadi bani yang ditaklukan Rosulallah.

Bukankah aku bagian dari mereka? Akhirnya Malik mengumpulkan oarang-orang Hawazin dan Tsaqif ke lembah Authas. Malik bergegas ke Hunain mengakomodasi perang dan memobilisasi pasukan untuk menyerang pasukan Rosulallah, benar saja dipenghujung malam pasukan Malik menyerang pasukan umat islam, para sahabat yang ada di barisan Rosulallah terdesak dihujani anak panah di tengah kegelapan malam, padahal saat itu pasukan umat islam membawa 10.000 tentara, dan 2000 tentara Mekkah yang saat itu baru saja masuk islam.

Malik bin Auf bersorak memberikan arahan untuk terus menyerang umat islam, pasukan umat islam kacau, panik, binggung hingga lari terlunta-lunta tidak ada komondo sedikit pun, mereka benar-benar tidak bisa bertahan, mereka pun lari meninggalkan Rosulallah, umat islam berlomba-lomba menyelamatkan diri. Tidak ada yang tersisa di tepat kecuali Rosul dan Abbas dan sekelompok kecil dari kalangan muhajirin dan anshar.

Rosul terus memanggil-mangil pasukannya untuk kembali ke medan perang melawan orang Hawazin dan Tsaqif, namun sayang tak satu pun dari pasukan yang menjawab seruan Rosul, sampai akhirnya 2000 pasukan yang baru islam, mereka bersorak bersenang-senang melihat pasukan Muhamad akan mati kalah hari ini. Suasana saat itu sangat kritis dan menakutkan, sautan kebencian kepada islam terus terulang-ulang mereka tak sabar melihat pembalasan dendam kaum kafir kepada Rosulallah.

Tak ada pilihan Rosulallah maju ke medan perang dengan bagal putihnya beliau hanya disertai Abbas bin Abdul Muthalib dan Abu Sufyan bin Harrist. Abu sufyan bin Harrist memegang tali kendali bagalnya, Abbas ikut pula memanggil-manggil dengan suaranya yang lantang agar pasukan umat islam yang bersembunyi keluar dan  kembali berperang “Hai  kaum Anshar, hai orang-orang  telah berabait di bawah pohon!”.

Sautan Abbas mengema ke penjuru Hunain, pasukan umat islam termenung dan berfikit tajam seandainya kaum musyrik itu menang tentu nasib mereka akan lebih hancur, tak ada yang lebih menakukutkan dari kehancuran agama, apabila mereka kaum musyrik bisa menguasai bumi ini, tentu itu akan lebih hina dari pada sakitnya perang ini, maka dari ini kaum muslim bangkit bergegas memutar badan, mengambil pedang medekat kepada Rosulnya.

Jumlah pasukan pelapis Rosulallah lambat laun bertambah, Api jihad telah membakar jiwa mereka, dengan keadaan ini Rosul menjadi tenang. Pasukan islam terus mendesak mereka menikmati peperangan sebagai jalan kemulian ibadah yang paling tinggi di jalan Allah, Allahu Akbar, Allahu Akbar, Allahu Akbar, pasukan Rosulallah berhasil mendesak orang Hawazin dan Tsaqib mundur dari perang, mereka benar-benar kalah  dan terhina. 

Pada saat yang bersama umat islam berhasil menguasai ghonimah  yang banyak, jumlahnya 22.000 ekor unta, 40.000 ekor kambing dan 4000 auqih perak, gadis-gadis dan wanita-wanita Hawazin yang tertawan sebanyak 6000 orang. Ada dua kabilah muslim yang musnah dalam peperang, Rosul dan pasukan pun melakukan sholat ghaib.

Untuk bisa menguasai benteng orang Tsaqif memang tidak mudah, segala usaha telah Rosul lakukan namun orang Tsaqif adalah orang yang pintar dalam teknik pertahanan perang. Sehingga Rosul merubah taktik Rosul berjanji kepada Malik apabila dia datang dalam keadaan islam maka Rosul akan mengembalikan ghonimah 100 ekor unta. 

\Berita tersebut terdengar kepada para sahabat, timbullah rasa kecemasaanbahwa hasil ghonimah akan berkurang karena Rosul telah membagi kepada Malik, apalagi dalam pendistribusian ghonimah Rosul membagi menjadi lima bagian, seperlimanya dibagikan kepada orang-orang yang paling keras permusuhannya terhadap beliau di masa lalu yaitu Abu Sufyan dan anaknya Mu’awiyah., Harrist bin Harrist dll, dan Malik bin Auf  daan Shafwan bin Umayyah berupa 100 ekor sebagai strategi Rosul untuk melunakan hatinya. Namun sayang para sahabat belum bisa menangkap  maksud hikmah ini.

Para sahabat yang telah ikut berperang merasa telah dilupakan, mereka merasa Rosul telah condong kepada mereka. Desas desus ini pun telah sampai ke telingga Rosul sampai akhirnya mereka dikumpulkan dalam sebuah pertemuan. Hingga Rosul berkata dan menasehati sahabat dan berkata

“Kalian telah menemukan hal yang baru kalian karena aku, bukankah aku telah mendatangi kalian dalam keadaan sesat, lalu Allah memberi kalian hidayah , dan dalam keadaan kekurangan, lalu Allah menjadikan kalian kaya serta dalam keadaan bermushuan Allah melunakan di antara kalian. Hai kaum Anshar apakah kalian menemukan dalam diri kalian kecendrungan pada dunia, padahal aku telah melunakan suatu kaum agar  mereka masuk islam, sedangkan kepada kalian aku telah mewakilkan keislaman kalian. Apakah kalian tidak Ridho wahai masyarakat Anshar terhadap orang-orang yang pergi dengan kambing-kambing, unta-unta lalu mereka kembali bersama  Rosul ke tempat tinggal kalian? Seandainya tidak ada hijrah, pasti aku menjadi salah seorang di antara kaum Anshar. Seandainya orang-orang berjalan ke suatu bukit dan orang-orang Anshar ke bukit lain, pasti aku berjalan ke bukit Anshar. Ya Allah sayangilah kaum Anshar juga anak-anak cucu mereka”. Para sahabat yang mendengar perkartaan Rosulallah menanggis sejadi-jadinya, air mata mereka berlinang hingga membasahi pipi jengot mereka, tak tahan mereka pun berucap

“Kami ridha kepada Allah Rosul sebagai bagian kami.

Akhirnya mereka kembali ke tempat tinggalnya bersama Rosulallah ke Madinah. Wallahu’Alam. [syahid/voa-islam.com] 

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

Analysis lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Danang Remaja Yatim Kritis Digerogoti Tumor Ganas. Ayo Bantu.!!

Danang Remaja Yatim Kritis Digerogoti Tumor Ganas. Ayo Bantu.!!

Lengkap sudah ujian hidup remaja yatim asal Indramayu ini. Terlahir yatim sejak balita, ia dibesarkan tanpa belaian kasih ayah dan ibu. Kini di usia remaja, ia diuji dengan penyakit tumor ganas...

Masya Allah... Mushalla Al-Hidayah Mojosari Lapuk Terancam Ambruk. Ayo Bantu..!!

Masya Allah... Mushalla Al-Hidayah Mojosari Lapuk Terancam Ambruk. Ayo Bantu..!!

Mushalla berumur 80 tahun ini didirikan Kyai Asmuri pada zaman penjajahan Belanda sebagai markas ibadah dan perjuangan pemuda kampung Mojosari Sragen. Kini kondisinya lapuk, reyot, dan keropos...

Hijrah Memeluk Islam, Muallaf Calon Dokter Diterpa Banyak Ujian. Ayo Bantu Biaya Kuliah.!!

Hijrah Memeluk Islam, Muallaf Calon Dokter Diterpa Banyak Ujian. Ayo Bantu Biaya Kuliah.!!

Sejak hijrah dari Kristen, Maria terbuang dari keluarga besar dengan berbagai tuduhan dan fitnah keji. Tanpa dukungan keluarga, mahasiswi kedokteran Universitas Brawijaya ini butuh biaya kuliah...

Hidup Sebatang Kara, Rumah Nenek Halimah Ludes Kebakaran. Ayo Bantu..!!

Hidup Sebatang Kara, Rumah Nenek Halimah Ludes Kebakaran. Ayo Bantu..!!

Di usia uzurnya Nenek Halimah makin rajin beribadah dan banyak ujian iman. Rumah gubuknya ludes terbakar. Dibutuhkan dana Rp 13 juta, untuk membangun rumah sederhana agar bisa istirahat dan khusyuk...

Keluarga ini Terancam Pemurtadan dan Rentenir, Ayo Bantu Modal Usaha..!!

Keluarga ini Terancam Pemurtadan dan Rentenir, Ayo Bantu Modal Usaha..!!

Berbagai ikhtiar dilakukan pasangan Eddy Saputra dan istrinya untuk mengatasi beratnya himpitan ekonomi, tapi selalu menemui jalan buntu. Bantuan justru datang dari orang yang membahayakan akidah:...

Latest News
Taubat Nasuha Harus dengan Shalat Taubat?

Taubat Nasuha Harus dengan Shalat Taubat?

Selasa, 28 Jan 2020 11:00

Rakyat Wuhan Kini Sendiri

Rakyat Wuhan Kini Sendiri

Selasa, 28 Jan 2020 10:39

Inilah Para Juara Olimpiade Halal 2019

Inilah Para Juara Olimpiade Halal 2019

Selasa, 28 Jan 2020 10:15

Memakai Jilbab Adalah Bukti Cinta kepada Al Khaliq

Memakai Jilbab Adalah Bukti Cinta kepada Al Khaliq

Selasa, 28 Jan 2020 09:35

Bahaya di Balik Dewan Pengarah Pembangunan Ibu Kota Baru

Bahaya di Balik Dewan Pengarah Pembangunan Ibu Kota Baru

Selasa, 28 Jan 2020 08:28

Riwayat dan Filosofi Meme Generation

Riwayat dan Filosofi Meme Generation

Selasa, 28 Jan 2020 07:22

Indonesia Mayoritas Muslim, PKS: Sertifikasi Halal Tidak Boleh Hilang di Omnibus Law

Indonesia Mayoritas Muslim, PKS: Sertifikasi Halal Tidak Boleh Hilang di Omnibus Law

Selasa, 28 Jan 2020 06:56

HNW Minta Pemerintah Evakuasi WNI di China

HNW Minta Pemerintah Evakuasi WNI di China

Selasa, 28 Jan 2020 05:59

Senjata Makan Tuan China

Senjata Makan Tuan China

Senin, 27 Jan 2020 23:40

Program Penceramah Bersertifikat, Menag: Yang Mau Silakan Yang Tidak Mau Tidak Apa-apa

Program Penceramah Bersertifikat, Menag: Yang Mau Silakan Yang Tidak Mau Tidak Apa-apa

Senin, 27 Jan 2020 23:25

WHO Sebut Ancaman Global dari Virus Mematikan Cina 'Tinggi

WHO Sebut Ancaman Global dari Virus Mematikan Cina 'Tinggi

Senin, 27 Jan 2020 22:55

Mewujudkan Tata Kelola Kota Bebas Banjir dan Layak Huni

Mewujudkan Tata Kelola Kota Bebas Banjir dan Layak Huni

Senin, 27 Jan 2020 22:48

Haruskah Pendidikan Akidah Dimulai Sejak Dini?

Haruskah Pendidikan Akidah Dimulai Sejak Dini?

Senin, 27 Jan 2020 22:44

Mahmoud Abbas Tolak Panggilan Telepon dari Presiden AS Donald Trump

Mahmoud Abbas Tolak Panggilan Telepon dari Presiden AS Donald Trump

Senin, 27 Jan 2020 22:40

Pemimpin Islamic State Ancam Jadikan Israel Target Utama Dalam Gelombang Serangan Baru

Pemimpin Islamic State Ancam Jadikan Israel Target Utama Dalam Gelombang Serangan Baru

Senin, 27 Jan 2020 22:26

Berjilbab Bukan Suatu Kewajiban, Benarkah?

Berjilbab Bukan Suatu Kewajiban, Benarkah?

Senin, 27 Jan 2020 22:05

Doa Berlindung dari Wabah Penyakit Mematikan

Doa Berlindung dari Wabah Penyakit Mematikan

Senin, 27 Jan 2020 21:11

Akhirnya Jhony Indo Dimakamkan Secara Islam dan Tanpa Peti

Akhirnya Jhony Indo Dimakamkan Secara Islam dan Tanpa Peti

Senin, 27 Jan 2020 20:02

ADI Aceh Gelar Pelatihan Kepemimpinan

ADI Aceh Gelar Pelatihan Kepemimpinan

Senin, 27 Jan 2020 19:52

Antisipasi Virus Corona, Penerbangan dari dan ke China Diminta Ditutup Sementara

Antisipasi Virus Corona, Penerbangan dari dan ke China Diminta Ditutup Sementara

Senin, 27 Jan 2020 18:41


Hijab Syari Terbaru 2020

Must Read!
X