Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
4.199 views

Hamas Telah Mengembangkan Gudang Senjata Besar di Gaza yang Diblokade

TEL AVIV, ISRAEL (voa-islam.com) - Terlepas dari upaya Israel, Hamas telah memperoleh sejumlah senjata yang mengesankan termasuk roket Qassam, R-160 buatan sendiri (jarak jangkau), roket Iran Fajr-5, drone, mortir dan terowongan serangan.

Roket yang ditembakkan dari Jalur Gaza pada hari Senin (25/3/2019) adalah salah satu yang paling kuat diluncurkan oleh pejuang perlawanan Gaza, terbang hampir 120 kilometer sebelum menghantam sebuah rumah di Israel tengah, melukai tujuh orang.

Lebih dari satu dekade, kelompok pejuang Palestina Hamas telah membangun gudang besar roket dan rudal. Ini dimulai dengan proyektil jarak pendek kasar dan sekarang memiliki roket yang dapat menyerang hampir di bagian mana saja di Israel.

Hamas menguasai Gaza pada 2007, mendorong Israel dan Mesir untuk memberlakukan blokade di wilayah itu, terutama untuk mencegah kelompok itu mengumpulkan lebih banyak senjata. Tetapi blokade dan tiga perang dengan Israel - yang terbaru pada tahun 2014 - gagal mencegah Hamas memperluas persenjataannya.
 
Jaringan terowongan penyelundupan di sepanjang perbatasan Mesir diyakini telah membantu Hamas membawa senjata canggih dan bahan baku, meskipun Mesir menutup sebagian besar terowongan itu sekitar tahun 2013.

Pada tahun 2018, kepala Hamas di Gaza Yahiya Sinwar mengatakan bahwa kelompok itu tidak hanya mengisi ulang roket yang ditembakkannya selama perang 50 hari pada tahun 2014, tetapi memiliki lebih banyak lagi di pembuangan. Dia mengatakan bahwa apa yang telah ditembakkan dalam 50 hari "akan ditembakkan dalam lima menit" dari setiap serangan Israel di masa depan.
 
Serangan roket Senin adalah yang terjauh yang pernah dilakukan roket Gaza sejak 2014, ketika Hamas menyerang kota Haifa, Israel utara, sekitar 150 kilometer jauhnya.
 
Hamas tidak merilis rincian tentang kemampuan militernya.

Gabi Siboni, seorang analis militer Israel, mengatakan Hamas "memiliki berbagai persenjataan canggih, tepat, dan efektif." Dia mengatakan ini termasuk rudal pandu anti-tank dan rudal anti-pesawat yang diluncurkan dari bahu, keduanya diproduksi oleh Rusia, serta beberapa drone.

Roket

Qassams: Pada tahun 2001, setahun setelah pecahnya pemberontakan Palestina kedua melawan Israel, Hamas pertama kali menembakkan roket lintas-perbatasan ke Israel, menyebutnya "Qassam" nama dari sayap militer kelompok itu. Roket buatan sendiri, ditujukan ke kota-kota perbatasan Israel, memiliki lintasan yang tidak teratur dan kadang-kadang mendarat di dalam Gaza.
 
R-160: Hamas menyebut ini roket rumah tangga jarak jauh. Ini pertama kali ditembakkan dalam perang 2014 dan pada satu titik menghantam Haifa. "R '' dalam nama mengacu pada Abdel-Aziz Rantissi, seorang pejabat senior Hamas yang gugur dalam serangan udara Israel pada tahun 2004. Jumlahnya mengacu pada jangkauan, dalam kilometer.
 
J-80: Roket ini, juga diproduksi secara lokal, dinamai sesuai dengan komandan sayap militer Hamas Ahmed Jabari, yang tewas dalam serangan udara Israel pada mobilnya pada 2012, memicu perang delapan hari. Israel dilaporkan percaya roket yang menghantam Israel tengah pada hari Senin adalah model ini dan menyalahkan Hamas. Kelompok itu membantah menembakkan roket tersebut.
 
M-75: Hamas meluncurkan roket ini pada tahun 2014, mengklaim itu buatan sendiri. Tetapi para ahli percaya itu adalah versi roket Fajr 5 Iran, yang diperoleh Iran pada 1990-an dan didasarkan pada teknologi Cina.
 
Hamas juga memiliki berbagai roket Grad Rusia. Proyektil ini, dengan jangkauan sekitar 20 kilometer (12 mil), diyakini telah dikirim melalui Iran.
 
Terowongan

Dalam beberapa tahun terakhir, Hamas telah membangun jaringan terowongan yang canggih. Ini termasuk terowongan serangan yang berjalan di bawah pagar perimeter Gaza-Israel, untuk digunakan oleh para pejuang Palestina untuk menyusup ke Israel. Terowongan pertahanan, yang terletak jauh dari perbatasan, digunakan untuk menyimpan senjata dan berfungsi sebagai tempat persembunyian.
 
Hamas pertama kali menggunakan terowongan dalam serangan lintas perbatasan tahun 2006 yang menewaskan dua tentara Israel dan menangkap yang ketiga. Tentara itu, Gilad Shalit, ditukar dengan lebih dari 1.000 tahanan pada tahun 2011.

Hamas juga menggunakan terowongan dalam perang 2014, menewaskan lima tentara dalam satu serangan lintas batas.
 
Selama pertempuran, Israel mengatakan menemukan dan menghancurkan 32 terowongan. Sejak itu, dikatakan telah menemukan dan menghancurkan beberapa terowongan tambahan.
 
Untuk memerangi ancaman terowongan, Israel telah mulai membangun penghalang bawah tanah yang membentang sepanjang Jalur Gaza, dan tahun ini dikatakan telah memperkuat pagar Gaza dengan baja galvanis setinggi 20 kaki.
 
Senjata yang diimpor

Mortir: Hamas telah menembakkan ratusan mortir ke sasaran jarak dekat tepat di seberang perbatasan. Mortir diyakini telah diselundupkan dari Libya melalui Mesir.
 
Rudal anti-tank berpemandu laser yang dibuat oleh Rusia

November lalu, Hamas menembakkan misil semacam itu, yang dikenal sebagai Kornet, pada sebuah bus tempat tentara Israel baru saja keluar. Seorang tentara terluka parah. Dalam perang 2006, milisi Syi'ah Hizbullata Libanon menewaskan puluhan tentara tank Israel menggunakan senjata ini.

Drone

Hamas telah mengembangkan program drone tahap awal, menampilkan gambar wilayah Israel yang konon difilmkan oleh pesawat ini. Tidak diketahui apakah mereka telah digunakan untuk serangan. (st/ynet)

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

Analysis lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Kisah Pilu Mbah Siti, Sang Ahli Ibadah Hidup di Bilik Reyot Bantaran Sungai. Ayo Bantu.!!

Kisah Pilu Mbah Siti, Sang Ahli Ibadah Hidup di Bilik Reyot Bantaran Sungai. Ayo Bantu.!!

Nenek renta ahli ibadah ini hidup seorang diri di bilik reyot Bengawan Solo. Bila hujan seisi rumah kebocoran air. Di malam hari, ia menggigil kedinginan diserang angin malam karena dindingnya...

Hidup Sebatang Kara, Muallaf  Suliatin Diterpa Berbagai Ujian Hidup, Ayo Bantu.!!

Hidup Sebatang Kara, Muallaf Suliatin Diterpa Berbagai Ujian Hidup, Ayo Bantu.!!

Hijrah menjadi Muslimah, mantan Kristen Pantekosta ini ditimpa banyak ujian mulai dari keluarga hingga kerasnya pekerjaan. Hidup sebatang kara, ia bekerja keras sebagai buruh pembuat batu bata. ...

Kista Membahayakan Kehamilan, Teh Imas Ummu Zahra Harus Harus Dikiret. Ayo Bantu.!!

Kista Membahayakan Kehamilan, Teh Imas Ummu Zahra Harus Harus Dikiret. Ayo Bantu.!!

Teh Imas mengalami gangguan kehamilan karena mengidap kista. Janinnya tak berkembang, yang dalam medis disebut IUGR (intrauterine growth restriction). Ia harus dikiret karena membahayakan nyawa....

Korban Tabrak Lari,  Istri Aktivis Dakwah Tergolek Remuk Tulang, Ayo Bantu!!!

Korban Tabrak Lari, Istri Aktivis Dakwah Tergolek Remuk Tulang, Ayo Bantu!!!

Saat hendak membantu orang tertimpa musibah, Ummu Qisthi jadi korban tabrak lari mobil pickup. Empat bulan pasca operasi tulang remuk, kondisinya memburuk dan lukanya mengeluarkan nanah...

Pesantren Tahfizh Al-Qur'an Gunungsari Butuh Masjid. Ayo Bantu Amal Jariyah.!!!

Pesantren Tahfizh Al-Qur'an Gunungsari Butuh Masjid. Ayo Bantu Amal Jariyah.!!!

Sudah 4 tahun Pesantren Tahfiz Al-Qur’an ini mendidik para yatim dan kaum dhuafa tanpa memungut biaya. Mereka butuh masjid, anggaran dana 160 juta rupiah. Sisihkan harta, dapatkan istana di...

Latest News
Gara-gara Benur, Gerindra Babak Belur

Gara-gara Benur, Gerindra Babak Belur

Sabtu, 28 Nov 2020 12:05

Bulu Kucing Najis?

Bulu Kucing Najis?

Sabtu, 28 Nov 2020 11:15

Legislator: Utang Pemerintah Makin Mengkhawatirkan

Legislator: Utang Pemerintah Makin Mengkhawatirkan

Sabtu, 28 Nov 2020 09:27

Bupati dan Gabungan Ormas Islam Halau Pengikut Syiah di Takalar

Bupati dan Gabungan Ormas Islam Halau Pengikut Syiah di Takalar

Sabtu, 28 Nov 2020 08:59

WHO: Orang Dewasa dan Anak Harus Banyak Gerak Saat Pandemi

WHO: Orang Dewasa dan Anak Harus Banyak Gerak Saat Pandemi

Sabtu, 28 Nov 2020 07:53

PKS Harus Tetap Berada di Garda Terdepan Memperjuangkan Keadilan dan Kesejahteraan

PKS Harus Tetap Berada di Garda Terdepan Memperjuangkan Keadilan dan Kesejahteraan

Jum'at, 27 Nov 2020 23:06

Menag Ajak Masyarakat Dukung Pendidikan Tahfizh Melalui Zakat, Infak dan Wakaf

Menag Ajak Masyarakat Dukung Pendidikan Tahfizh Melalui Zakat, Infak dan Wakaf

Jum'at, 27 Nov 2020 22:38

Pemerintah Israel Instruksikan Militernya Bersiap Untuk Kemungkinan Serangan AS Terhadap Iran

Pemerintah Israel Instruksikan Militernya Bersiap Untuk Kemungkinan Serangan AS Terhadap Iran

Jum'at, 27 Nov 2020 21:45

Gus Aam Harap PKS Bisa Wujudkan Nilai-nilai Islam di Pemerintahan dan Masyarakat Luas

Gus Aam Harap PKS Bisa Wujudkan Nilai-nilai Islam di Pemerintahan dan Masyarakat Luas

Jum'at, 27 Nov 2020 21:14

Teh Jahe dapat Turunkan Berat Badan

Teh Jahe dapat Turunkan Berat Badan

Jum'at, 27 Nov 2020 21:05

Kemenag Alokasikan 5,7 Triliun Bantuan Pemulihan Ekonomi untuk Pendidikan Agama

Kemenag Alokasikan 5,7 Triliun Bantuan Pemulihan Ekonomi untuk Pendidikan Agama

Jum'at, 27 Nov 2020 21:00

Menlu Saudi: Pemberontak Syi'ah Houtsi Dukungan Iran Di Balik Permasalahan di Yaman

Menlu Saudi: Pemberontak Syi'ah Houtsi Dukungan Iran Di Balik Permasalahan di Yaman

Jum'at, 27 Nov 2020 20:46

Pengadilan Banding Potong Hukuman Penjara Penembak Mati 6 Jamaah di Masjid Quebec Jadi 25 Tahun

Pengadilan Banding Potong Hukuman Penjara Penembak Mati 6 Jamaah di Masjid Quebec Jadi 25 Tahun

Jum'at, 27 Nov 2020 19:00

Parlemen Azerbaijan Serukan Prancis Dikeluarkan Dari Kelompok Mediasi Nagorno-Karabakh

Parlemen Azerbaijan Serukan Prancis Dikeluarkan Dari Kelompok Mediasi Nagorno-Karabakh

Jum'at, 27 Nov 2020 16:45

RUU Minol Diharapkan Basmi Miras Oplosan

RUU Minol Diharapkan Basmi Miras Oplosan

Jum'at, 27 Nov 2020 11:39

Lewat Program Satu Desa Satu Hafizh, Wagub Jabar Minta Santri Belajar Multidisplin

Lewat Program Satu Desa Satu Hafizh, Wagub Jabar Minta Santri Belajar Multidisplin

Jum'at, 27 Nov 2020 10:36

Anis Sarankan Pemerintah Gandeng Koperasi Salurkan Dana PEN untuk UMKM

Anis Sarankan Pemerintah Gandeng Koperasi Salurkan Dana PEN untuk UMKM

Jum'at, 27 Nov 2020 09:21

Ini Daftar Lengkap Dewan Pimpinan Harian MUI 2020-2025

Ini Daftar Lengkap Dewan Pimpinan Harian MUI 2020-2025

Jum'at, 27 Nov 2020 08:25

Pemerintah Aktifkan Calling Visa Israel, FPKS: Bentuk Penghianatan UUD 1945

Pemerintah Aktifkan Calling Visa Israel, FPKS: Bentuk Penghianatan UUD 1945

Jum'at, 27 Nov 2020 07:16

Guru di Indonesia, Pahlawan tanpa Kesejahteraan?

Guru di Indonesia, Pahlawan tanpa Kesejahteraan?

Jum'at, 27 Nov 2020 05:32


Hijab Syari Terbaru 2020

Must Read!
X

Kamis, 26/11/2020 19:00

Ketika TNI Menjadi Pamong Praja