Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
6.922 views

I am Saracen : Satu Fakta Sejarah Perang Islam - Kristen

Oleh : Raidah Athirah

Di Indonesia kata Saracen adalah kata yang benar-benar asing apalagi bagi masyarakat awam namun tiba-tiba saja kata ini bertebaran di media sosial dengan pengertian orang yang menyebarkan postingan kebencian ,hoax dan provokasi SARA.

Saya sendiri mengingat kata ini pertama kali dari film King of Heaven yang mengisahkan sejarah perang salib dari sudut pandang Hollywood .

Munculnya kata ini sempat membuat saya bingung karena seingat saya kata ini hanya digunakan dalam pengertian yang merujuk kepada sejarah Islam dan Kristen terkait perang salib.

Kata ini dalam kamus memiliki pengertian yang sensitif

" Kata Saracen berasal dari Bahasa Yunani(Σαρακηνός), yang diduga berasal dari bahasa Arabشرقيين syarqiyyin ("orang-orang timur"), namun dugaan ini tidak memilik dasar yang kuat.[2] Istilah ini pertama kali dipakai pada awal masa Romawi Kunountuk menyebutkan sebuah suku Arab di Semenanjung Sinai. Pada masa-masa berikutnya, orang-orang Kristen Romawi memperluas penggunaan ini untuk menyebut orang Arab secara keseluruhan. Setelah berkembangnya agama Islam, terutama pada masa Perang Salib, istilah ini digunakan terhadap seluruh Muslim (orang Islam).Istilah ini disebarkan ke Eropa Barat oleh orang-orang Bizantium (Romawi Timur) dan Tentara Salib


Sejarah kata " Saracen" sendiri bukan lahir begitu saja melainkan merupakan kata yang digunakan oleh Kristen Eropa pada abad pertengahan untuk menggambarkan orang-orang Islam dari masa ke masa. Kata ini juga memiliki konotasi yang kurang baik.

Sejarah singkat lahirnya kata Saracen bila merujuk dalam literatur sejarah;

| Saracen lahir jauh sebelum datangnya Islam.Kata ini merujuk kepada kelompok Barbarian yang mendiami jazirah Arab waktu itu.

| Saracen juga diduga berasal dari akar kata bahasa Semit yang artinya perampok,penjarah atau pencuri. Orang Yunani menyebut mereka sebagai Sarakenoi.

|Kata ini sudah umum digunakan untuk menyebut kelompok nomaden padang pasir yang suka merampok dan berperang.

|Sesudah datangnya Islam ,sebagian besar penduduk Jazirah Arab memeluk Islam akan tetapi panggilan kepada mereka tidak berubah yakni orang Sarakenoi.

|Kata ini disebarluaskan oleh Kristen Eropa di abad pertengahan untuk menyebut orang-orang yang memeluk Islam sebagai bentuk diskriminasi keyakinan dan warna kulit.

|Orang-orang Islam yang berasal dari Afrika Utara juga disebut dengan Saracen selain penggunaaan istilah kata Moron.

|Saracen kemudian menjadi istilah umum dikalangan bangsa Kristen Eropa untuk menyebut orang-orang Islam di masa perang salib.

...Sejarah kata " Saracen" sendiri bukan lahir begitu saja melainkan merupakan kata yang digunakan oleh Kristen Eropa pada abad pertengahan untuk menggambarkan orang-orang Islam dari masa ke masa. Kata ini juga memiliki konotasi yang kurang baik...


Saya mengapresiasi kerja bapak -bapak Polri dalam memerangi hoax dan hatespeech di medsos akan tetapi saya juga ingin mengajukan pertanyaan terkait penggunaaan istilah ini yang saya pikir sangat tendensius dan diskriminasi.

Saya kira bapak-bapak sepaham bahwa Islam membenci kebohongan, apalagi menyebarkan berita bohong ( hoax) dengan tujuan perpecahan.

Alquran sebagai pedoman umat Islam telah memberikan penjelasan yang terang.

“Hai orang-orang yang beriman, jika datang kepadamu orang fasik membawa suatu berita, maka periksalah dengan teliti, agar kamu tidak menimpakan suatu musibah kepada suatu kaum tanpa mengetahui keadaannya yang menyebabkan kamu menyesal atas perbuatanmu itu”. [Al Hujurat : 6].

Jabir Radhiyallahu ‘anhu berkata bahwasanya Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

Sesungguhnya termasuk orang yang paling saya cintai diantara kalian, dan paling dekat dengan saya tempat duduknya pada hari kiamat; adalah orang yang paling baik akhlaknya. Dan sesungguhnya termasuk orang yang paling saya benci diantara kalian, dan paling jauh dengan saya tempat duduknya pada hari kiamat; adalah tsartsaarun (orang yang banyak bicara dengan berlebih-lebihan dan keluar dari kebenaran), mutasyaddiqun (orang yang banyak bicara dengan tidak hati-hati), dan mutafaihiqun.”

Para shahabat berkata, “Wahai Rasulullah, kami telah mengetahui makna tsartsaarun dan mutasyaddiqun. Apakah makna dari mutafaihiqun?” Rasulullah bersabda, “(Mereka adalah) orang-orang yang sombong (yaitu orang yang banyak bicara untuk menunjukkan kefasihan dan keutamaannya -pent).” (HR. Tirmidzi, dan dia berkata, “Hadis ini hasan.”)

Ada beberapa pertanyaan dan pernyataan yang merupakan bentuk keberatan saya atas penggunaan istilah ini :

1.Mengapa harus menggunakan kata dan akronim " SARACEN " untuk memerangi hoax dan hatespeech ?

2.Bukankah kata ini telah umum dalam defenisi sejarah yang selalu diasosiakan dengan umat Islam ?

3.Menyebarkan berita hoax dan melakukan hatespeech adalah tindakan kriminal ,lantas ada kaitan apa antara kata SARACEN dengan para pelaku ini sehingga kata ini dipakai ?

4.Bila kata ini dipakai oleh media untuk menggambarkan pelaku penyebar hoax dan ujaran kebencian ,maka saya sebagai seorang Indonesia dan seorang Muslim meminta pihak-pihak tertentu untuk melakukan pembelaan menggunakan istilah pengguna medsos.

Saya menganggap penggunaan istilah ini merupakan bentuk " Ancaman , Diskriminasi dan Rasisme kepada umat Islam " dari pihak-pihak tertentu kepada para pengguna medsos.

Pelaku penyebar hoax dan hatespeech adalah hal berbeda bila dikaitkan dengan sikap kritis .

Saya menolak pelaku kejahatan medsos disebut SARACEN karena saya ,kami dan semua umat Islam adalah SARACEN.

I Am SARACEN......

We are SARACEN

We all are SARACEN

We love peace but we are not afraid to criticize. (riafariana/voa-islam.com)

#IamSaracen

#StopDiscrimination

#Sarcasme

#bahasaSarkasme

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

Analysis lainnya:

+Pasang iklan

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Toko Tas Online TBMR - Murah & Terpercaya

Toko tas online dan Pusat grosir tas TBMR menjual tas branded harga grosir. DISKON setiap hari s/d 50%. Tas wanita, tas import, tas kerja semua dijamin MURAH. Menerima Reseller.
http://www.tasbrandedmurahriri.com

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Pusat Jam Tangan Impor Murah

Tampil cantik dan keren dengan jam tangan impor pilihan. Tersedia koleksi ribuan jam tangan untuk pria dan wanita, harga dijamin murah.
http://timitime.asia

Infaq Dakwah Center

Lahir Keracunan Ketuban, Bayi Anak Aktivis Islam Kritis di Rumah Sakit. Ayo Bantu!!!

Lahir Keracunan Ketuban, Bayi Anak Aktivis Islam Kritis di Rumah Sakit. Ayo Bantu!!!

Usai persalinan, bayi Ummu Azmi kritis di NICU karena keracunan ketuban saat persalinan. Biaya perawatan cukup mahal, hari pertama saja mencapai 8 juta rupiah. Butuh uluran tangan kaum muslimin....

Ustadz dan Puluhan Muallaf Bombanon Hidup Menumpang di Rumah Kristen. Ayo Bantu..!!

Ustadz dan Puluhan Muallaf Bombanon Hidup Menumpang di Rumah Kristen. Ayo Bantu..!!

Puluhan muallaf Desa Bombanon hidup menumpang di rumah-rumah Kristen yang kental dengan suasana Salib. Makanan tidak terjamin dari babi dan makanan haram lainnya. ...

Daffa Rahmatillah Tutup Usia, Infaq Rp 16,7 Juta Disalurkan untuk Melunasi Tagihan Rumah Sakit

Daffa Rahmatillah Tutup Usia, Infaq Rp 16,7 Juta Disalurkan untuk Melunasi Tagihan Rumah Sakit

Daffa meninggal setelah dirawat intensif 13 hari. Semoga Allah membalas para donatur dengan keberkahan, rezeki melimpah, mensucikan jiwa, menolak bencana, dan melapangkan jalan ke surga....

ZAKAT CERDAS: Cara Cerdas Masuk Surga Bersama Nabi Sedekat Dua Jari

ZAKAT CERDAS: Cara Cerdas Masuk Surga Bersama Nabi Sedekat Dua Jari

Dalam harta kita ada hak orang lain. Salurkan zakat, infaq dan sedekah dalam program Infaq Cerdas untuk beasiswa Yatim & Dhuafa. Senyum mereka adalah masa depan kita di akhirat....

SEDEKAH BARANG: Barang Tak Terpakai, Infakkan Saja Jadi Berkah dan Bernilai

SEDEKAH BARANG: Barang Tak Terpakai, Infakkan Saja Jadi Berkah dan Bernilai

Barang apapun yang tidak berguna lagi bagi Anda, bisa jadi sangat dibutuhkan dan bermanfaat bagi orang lain. Mari infakkan barang tak terpakai, agar menjadi sangat bernilai dunia akhirat....

Latest News
Demokrat Minta Pemerintah Lindungi Gubernur Papua yang Juga Kadernya, Ada Ancaman?

Demokrat Minta Pemerintah Lindungi Gubernur Papua yang Juga Kadernya, Ada Ancaman?

Rabu, 20 Sep 2017 21:45

Mahfud MD: Dulu Galak Sama Soeharto karena KKN, Sekarang Malah Jadi Koruptor

Mahfud MD: Dulu Galak Sama Soeharto karena KKN, Sekarang Malah Jadi Koruptor

Rabu, 20 Sep 2017 21:39

Israel Berencana Tingkatkan Kepemilikan Senjata Bagi Pemukim Ilegal Yahudi

Israel Berencana Tingkatkan Kepemilikan Senjata Bagi Pemukim Ilegal Yahudi

Rabu, 20 Sep 2017 21:15

Pertemuan Gubernur Papua dan BIN, Demokrat: Jika Bicara Politik, Itu Skandal Besar

Pertemuan Gubernur Papua dan BIN, Demokrat: Jika Bicara Politik, Itu Skandal Besar

Rabu, 20 Sep 2017 20:45

Eligi Kebangkitan PKI dan Neoliberlisme

Eligi Kebangkitan PKI dan Neoliberlisme

Rabu, 20 Sep 2017 20:27

Serangan Udara Rusia dan Rezim Assad Hancurkan 4 Rumah Sakit di Idlib Suriah

Serangan Udara Rusia dan Rezim Assad Hancurkan 4 Rumah Sakit di Idlib Suriah

Rabu, 20 Sep 2017 20:05

Status Hukum Bermasalah, Meikarta harus Diperiksa dan Dihentikan

Status Hukum Bermasalah, Meikarta harus Diperiksa dan Dihentikan

Rabu, 20 Sep 2017 19:45

FBB Kutuk Keras Proyek Meikarta di Cikarang

FBB Kutuk Keras Proyek Meikarta di Cikarang

Rabu, 20 Sep 2017 18:45

Tak Ada Sunnah Doa Khusus Akhir dan Awal Tahun Hijriyah

Tak Ada Sunnah Doa Khusus Akhir dan Awal Tahun Hijriyah

Rabu, 20 Sep 2017 14:40

Perhimpunan Al-Irsyad: Pertumbuhan Rokok Akibat Lemahnya Regulasi

Perhimpunan Al-Irsyad: Pertumbuhan Rokok Akibat Lemahnya Regulasi

Rabu, 20 Sep 2017 14:07

Bamus Betawi: Persoalan PKI Serahkan pada Hukum

Bamus Betawi: Persoalan PKI Serahkan pada Hukum

Rabu, 20 Sep 2017 14:04

Persis dan Muhammadiyah Rumuskan Kolaborasi Dakwah, Ekonomi, Sosial, Pendidikan dan Siyasah

Persis dan Muhammadiyah Rumuskan Kolaborasi Dakwah, Ekonomi, Sosial, Pendidikan dan Siyasah

Rabu, 20 Sep 2017 13:26

Helikopter Tempur Rusia Tanpa Sengaja Tembakan Roket pada Kerumunan Penonton Saat Latihan Perang

Helikopter Tempur Rusia Tanpa Sengaja Tembakan Roket pada Kerumunan Penonton Saat Latihan Perang

Rabu, 20 Sep 2017 12:58

Derry Sulaiman: Diragukan Keislaman Seorang Muslim Jika Tak Merasa Terluka atas Penderitaan Rohingya

Derry Sulaiman: Diragukan Keislaman Seorang Muslim Jika Tak Merasa Terluka atas Penderitaan Rohingya

Rabu, 20 Sep 2017 10:25

Otoritas Saudi Tangkap Ulama Populer Kritikus Hay'at Tahrir al-Sham dan Islamic State

Otoritas Saudi Tangkap Ulama Populer Kritikus Hay'at Tahrir al-Sham dan Islamic State

Rabu, 20 Sep 2017 09:45

Mewujudkan Makna Laa Ilaaha Illallah

Mewujudkan Makna Laa Ilaaha Illallah

Rabu, 20 Sep 2017 09:05

(Video) Derry Sulaiman: Rugi Kasih Bantuan ke Rohingya Kalau Tidak Dakwah

(Video) Derry Sulaiman: Rugi Kasih Bantuan ke Rohingya Kalau Tidak Dakwah

Rabu, 20 Sep 2017 08:32

Forum Jurnalis Muslim: Ada Framing Media dalam Memberitakan Muslim Rohingya

Forum Jurnalis Muslim: Ada Framing Media dalam Memberitakan Muslim Rohingya

Rabu, 20 Sep 2017 07:15

Bill Gates dan Misi Dibalik Program KB

Bill Gates dan Misi Dibalik Program KB

Rabu, 20 Sep 2017 07:00

Gelar Lingkar Diskusi, Mahasiswa Cimahi Bahas Isu Rohingya

Gelar Lingkar Diskusi, Mahasiswa Cimahi Bahas Isu Rohingya

Rabu, 20 Sep 2017 06:39


Mukena bordir mewar harga murah

Kumpulan Video Aksi Bela Islam
Must Read!
X